TINJAUAN HUKUM POSITIF DAN FIQIH SIYASAH TERHADAP IMPLEMENTASI PP NOMOR TAHUN TENTANG BADAN USAHA MILIK DESA (Studi Di Pekon Balak Kecamatan Batu Brak Kabupaten Lampung Barat)

MUHAMMAD, FADHLI ARDIANSYAH (2023) TINJAUAN HUKUM POSITIF DAN FIQIH SIYASAH TERHADAP IMPLEMENTASI PP NOMOR TAHUN TENTANG BADAN USAHA MILIK DESA (Studi Di Pekon Balak Kecamatan Batu Brak Kabupaten Lampung Barat). Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of COVER BAB 1 BAB 2 DAPUS.pdf] PDF
Download (4MB)
[thumbnail of FADHLI FULL SKRIPSI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Badan Usaha Milik Desa (BUM Desa) merupakan lembaga usaha desa yang dikelola oleh masyarakat dan pemerintahan desa dalam upaya memperkuat perekonomian desa dan dibentuk berdasarkan kebutuhan dan potensi desa. Selain itu BUM Desa juga berperan sebagai lembaga sosial yang berpihak pada kepentingan masyarakat melalui kontribusinya dalam penyediaan layanan sosial. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: bagaimana Implementasi PP No Tahun Tentang Badan Usaha Milik Desa Di Pekon Balak Kecamatan Batu Brak Kabupaten Lampung Barat serta bagaimana Tinjauan Fiqih Siyasah Tanfidziyyah terhadap Implementasi PP No Tahun Tentang Badan Usaha Milik Desa Di Pekon Balak Kecamatan Batu Brak Kabupaten Lampung Barat. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui Hukum Positif terhadap Badan Usaha Milik Desa di Pekon Balak Kecamatan Batu Brak Kabupaten Lampung Barat dan untuk mengetahui Fiqih Siyasah Tanfidziyyah terhadap Badan Usaha Milik Desa Di Pekon Balak Kecamatan Batu Brak Kabupaten Lampung Barat. Penelitian ini termasuk dalam penelitian lapangan (field research) yaitu penelitian yang dilakukan secara langsung terhadap peristiwa dan data-data lapangan. Sumber data dalam penelitian ini terdiri dari data primer yaitu data yang diperoleh secara langsung dari hasil penelitian di lapangan, dan data sekunder adalah kesaksian atau data yang tidak berkaitan langsung dengan sumbernya yang asli. Sumber data yang diperoleh secara langsung mencakup dokumen�dokumen resmi, jurnal hukum, laporan hukum dan media cetak atau elektronik, undang-undang, kamus hukum, dan lainnya. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode interview, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian ini bahwa Implementasi Peraturan Pemerintah Nomor Tahun Tentang BUM Desa tersebut belum dilaksanakan dan diterapkan dengan baik sesuai dengan ketentuan yang berlaku karena dalam penerapannya masih dapat kendala yang terjadi seperti pengelolaan BUM Desa masih belum memiliki kemampuan dalam sistem administrasi dan laporan maka masih belum terlaksana dengan sempurna sehingga beberapa program iv yang diterapkan masih belum semua berjalan sesuai dengan ketentuan yang diterapkan dalam perspektif Fiqih Siyasah pelaksanaan tersebut belum dilaksanakan dengan optimal sesuai dengan Fiqih Siyasah Tanfidziyyah. Kata Kunci: BUM Desa Tunas Selalau Pekon Balak

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Siyasah (Hukum Tata Negara)
Divisions: Fakultas Syariah > Siyasah (Hukum Tata Negara)
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 30 May 2023 02:45
Last Modified: 30 May 2023 02:45
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/28357

Actions (login required)

View Item View Item