PANDANGAN HUKUM ISLAM TERHADAP DAMPAK PERJODOHAN PADA MASYARAKAT LAMPUNG DALAM KEHARMONISAN RUMAH TANGGA (Studi Kasus di Desa Negeri Sakti Kecamatan Gedong Tataan Kabupaten Pesawaran)

HASAN, MARBY (2023) PANDANGAN HUKUM ISLAM TERHADAP DAMPAK PERJODOHAN PADA MASYARAKAT LAMPUNG DALAM KEHARMONISAN RUMAH TANGGA (Studi Kasus di Desa Negeri Sakti Kecamatan Gedong Tataan Kabupaten Pesawaran). Diploma thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of COVER BAB 1 BAB 5 DAPUS.pdf] PDF
Download (1MB)
[thumbnail of HASAN FULL SKRIPSI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Perjodohan merupakan upaya untuk melakukan atau menyatukan kedua insan dengan salah satu pihak dengan adanya unsur suatu pemaksaan. Menurut mazhab Syafi’I perjodohan pada anak perempuan yang masih perawan dan telah balighdan berakal dapat meminta izin kepadanya, dan diamnya anak adalah jawaban sebagai persetujuannya. Akan tetapi pada era globalisasi ini, orang tua yang kental dengan mempercayai menjodohkan anak nya dengan menggunakan tradisi adat lampung, masyarakat Lampung merupakan salah satu suku yang ada di indonesia yang memiliki filsafat atau pandangan hidup piil pesenggiri, adapun yang dimaksud dengan piil pesenggiri ialah piil terdiri dari kata piil atau fiil dalam bahasa arab yang berarti perilaku, sedangkan pesenggiri ialah bermoral tinggi, berjiwa besar, tau diri, dan tau hak serta kewajiban. Masyarakat Lampung dapat dibedakan menjadi dua golongan masyarakat adat yaitu golongan masyarakat Lampung Pepedun dan golongan masyarakat saibatin, masyarakat Lampung ada yang menggunakan dialek api (apa) dan ada juga nyow (apa). Tujuan dari Penelitian ini adalah Untuk Mengetahui Dampak Perjodohan terhadap Keharmonisan Rumah Tangga Pada Masyarakat di Desa Negeri Sakti Kecamatan Gedong Tataan Kabupaten Pesawaran Provinsi Lampung dan Untuk mengetahui Pandangan Hukum Islam Terhadap Perjodohan Pada Masyarakat Lampung Dalam Keharmonisan Rumah Tangga di Desa Negeri Sakti Kecamatan Gedong Tataan Kabupaten Pesawaran Provinsi Lampung. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif bersifat deskriptif yaitu memberikan gambaran data lengkap yang diperoleh dari Observasi, Wawancara dan Dokumentasi. dalam menentukkan partisipan, menggunakan teknik Purposive Sampling. Partisipan ini berjumlah 25 Orang. Hasil Penelitian Menunjukkan, Dampak Perjodohan Pada Masyarakat Lampung Dalam Keharmonisan Rumah Tangga bahwa masyarakat Lampung yang berada di Desa Negeri Sakti Kabupaten Pesawaran disebabkan oleh faktor adat atau budaya tradisi masyarakat lampung. Kesmpulan, Latar belakang terjadinya Dampak perjodohan pada suku Lampung di Desa Negeri Sakti Kabupaten Pesawaran disebabkan karena perjodohan yang biasa terjadi dan merupakan bagian dari adat istiadat suatu suku bertujuan untuk melangsungkan pernikahan serumpun atau sesama kerabat sesuku mereka dan orang tua berharap dengan menikahkan anaknya dengan orang lain yang masih satu suku yang sudah mereka kenal latar belakangnya Dan Dampak yang ditimbulkan dengan adanya Perjodohan pada masyarakat lampung di Desa Negeri Sakti Kabupaten Pesawaran tidak selamanya berakhir baik adapula dampak perjodohan yang berakhir buruk karena pernikahan yang dipaksakan oleh orang tua akan berakibat fatal pada anak dan pada pernikahan itu sendiri seperi terjadinya depresi terhadap anak yang dijodohkan, kurangnya kepedulian terhadap keluarga, memungkinkan terjadinya perselingkuhan dan keluarga yang tidak sehat. Kata Kunci: Tradisi Adat Masyarakat Lampung, Dampak Perjodoha.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Al-Ahwal Al-Syakhsiyyah (Hukum Keluarga)
Divisions: Fakultas Syariah > Al-Ahwal Al-Syakhsiyyah (Hukum Keluarga)
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 26 May 2023 02:53
Last Modified: 26 May 2023 02:53
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/28303

Actions (login required)

View Item View Item