PENGARUH LAYANAN KONSELING KELOMPOK DENGAN TEKNIK ROLE PLAYING DALAM MENINGKATKAN RASA PERCAYA DIRI PESERTA DIDIK KELAS X SMA NEGERI 1 WAY SERDANG

KURNIA, HAKIKI (2023) PENGARUH LAYANAN KONSELING KELOMPOK DENGAN TEKNIK ROLE PLAYING DALAM MENINGKATKAN RASA PERCAYA DIRI PESERTA DIDIK KELAS X SMA NEGERI 1 WAY SERDANG. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of PERPUS PUSAT BAB 1 DAN 2.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of SKRIPSI CETAK KURNI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian pengaruh layanan konseling kelompok dengan teknik Role Playing dalam meningkatkan rasa percaya diri peserta didik ini dilatar belakangi oleh kondisi kepercayaan diri peserta didik yang berbeda-beda ada hal ini dapat dilihat dari adanya gejala-gejala yang tampak diantaranya, peserta didik terlihat ragu-ragu ketika diminta untuk mempresentasikan hasil diskusinya di depan kelas. Hal tersebut menunjukkan bahwa sikap kepercayaan diri dalam belajar tergolong rendah. Maka dari itu peneliti ingin mengamati pengaruh layanan konseling kelompok dengan teknik Role Playing dalam meningkatkan rasa percaya diri peserta didik. Tujuan dari diadakannya penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh layanan konseling kelompok teknik Role Playing terhadap meningkatkan rasa percaya diri pada peserta didik kelas X SMA Negeri 1 Way Serdang. Penelitian ini menggunakan tenik pengumpulan data berupa angket, wawancara dan observasi. Pendekata pada penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan desain penelitian pre�eksperiment design one group pretest-posttest design. Dalam penelitian ini berfokus pada pengaruh layanan konseling kelompok dengan teknik Role Playing dalam meningkatkan rasa percaya diri peserta didik. Sampel dalam penelitian iniadalah peserta didik kelas X yang berjumlah 10 peserta didik yang memiliki permasalahan dalam kepercayaan diri. Dengan teknik sampling yang digunakan yaitu purposive sampling. Berdasarkan hasil penelitian, menunjukkan bahwa konseling kelompok menggunakan teknik Role Playing dalam meningkatkan rasa percaya diri peserta didik kelas X SMA Negeri 1 Way Serdang berpengaruh dan mengalami perubahan ke arah yang lebih baik pada peserta didik. Hal ini telah dibuktikan dengan hasil pretest dan posttest yang telah dikalukan sebelum dan setelah pemberian layanan berdasarkan analisis data menggunakan Uji Wilcoxon. Dan hasil pretest menggunakan instrument berupa angket, peserta didik mendapatkan skor sebesar 606 dengan skor rata-rata sebesar 60,6 Kemudian hasil posttest peserta didik mendapatkan skor sebesar 855 dengan skor rata-rata 85,5. Dan diperoleh nilai signifikan 0.049 dimana nilai tersebut lebih kecil dari rtabel signifikasi 0.05 maka Ha diterima dan Ho ditolak, sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh (peningkatan positif) layanan konseling kelompok dengan iii teknik Role Playing dalam meningkatkan rasa percaya diri peserta didik SMA Negeri 1 Way Serdang. Kata Kunci : Role Playing, konseling kelompok, rasa percaya diri iv ABSTRACT The research on the influence of group counseling services with Role Playing techniques on the confidence of students is motivated by the different conditions of self-confidence of students, this can be seen from the symptoms that appear including, students look hesitant when asked to present the results of their discussion in front of the class. This shows that the attitude of self-confidence in learning is low. Therefore, researchers want to observe the effect of group counseling services with Role Playing techniques in increasing students' self�confidence. The purpose of this study was to determine the effect of Role Playing technique group counseling services on increasing self�confidence in class X students of SMA Negeri 1 Way Serdang. This study uses data collection techniques in the form of questionnaires, interviews and observations. The approach in this study is a quantitative approach with a pre-experimental research design, one group pretest-posttest design. This study focuses on the effect of group counseling services with Role Playing techniques in increasing students' self-confidence. The sample in this study was class X students, totaling 10 students who had problems in self�confidence. The sampling technique used is purposive sampling. Based on the results of the study, it showed that group counseling using Role Playing techniques in increasing the self�confidence of class X students of SMA Negeri 1 Way Serdang was influential and experienced changes for the better in students. This has been proven by the results of the pretest and posttest that have been carried out before and after service delivery based on data analysis using the Wilcoxon Test. And the results of the pretest using an instrument in the form of a questionnaire, students get a score of 606 with an average score of 60,6 Then the posttest results of students got a score of 855 with an average score of 85,5. And obtained a significant value of 0.049 where the value is smaller than the significance rtable of 0.05 then Ha is accepted and Ho is rejected, so it can be concluded that there is an influence (positive increase) in group counseling services with Role Playing techniques in increasing the confidence of students in SMA Negeri 1 Way Serdang. Keywords: Role Playing, group counseling, self-confidence

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Bimbingan Konseling
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Bimbingan Konseling
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 24 May 2023 08:01
Last Modified: 24 May 2023 08:01
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/28264

Actions (login required)

View Item View Item