ETIKA HUBUNGAN PENDIDIK DENGAN PESERTA DIDIK DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMP NEGERI 26 BANDAR LAMPUNG TAHUN AJARAN 2016/2017

Davita, Visca (2018) ETIKA HUBUNGAN PENDIDIK DENGAN PESERTA DIDIK DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMP NEGERI 26 BANDAR LAMPUNG TAHUN AJARAN 2016/2017. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of SKRIPSI_VISCA.pdf] PDF
Download (4MB)

Abstract

Proses pembelajaran pendidikan agama Islam, pendidik merupakan salah satu komponen pembelajaran dan juga sebagai salah satu faktor penentu keberhasilan pendidikan. Pendidik tidak hanya bertugas sebagai pendidik saja, tetapi juga berperan dalam usaha pembentukan watak, tabiat, maupun pengembangan sumber daya yang dimiliki oleh peserta didiknya. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis tentang etika hubungan pendidik dengan peserta didik dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam serta faktor pendukung dan faktor penghambatnya. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, yang dilakukan di SMP Negeri 26 Bandar Lampung. Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil dari wawancara, observasi dan dokumentasi kemudian dianalisis dengan teknik deskriptif. Uji keabsahan data dilakukan dengan menggunakan triangulasi data yaitu membandingkan data hasil observasi dengan data hasil wawancara dan dengan dokumentasi. Hasil penelitian etika hubungan pendidik dengan peserta didik dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 26 Bandar Lampung sangat baik, berdasarkan hasil observasi dan wawancara yang penulis lakukan pada bulan Juli-Agustus 2017, bahwa pendidik Pendidikan Agama Islam membina etika peserta didik salah satunya adalah dengan berniat mendidik dan menyebarkan ilmu pengetahuan sesuai syariat Islam, menghindari ketidak ikhlasan dan tidak hanya sebatas mengejar keduniawian saja, menggunakan metode yang sudah dipahami oleh para peserta didik, membangkitkan semangat peserta didik dengan memberikan motivasi, memberikan latihan-latihan yang bersifat membantu peserta didiknya, selalu memperhatikan kemampuan peserta didiknya, menanamkan sifat terbuka dan lapang dada, membantu memecahkan masalah dan kesulitan yang terjadi pada peserta didiknya, menerapkan sifat arif dan tawadhu’ kepada peserta didik yang satu dengan yang lainnya. Faktor pendukung dari etika hubungan pendidik dengan peserta didik dalam pembelajaran Pendidikan Agama di SMP Negeri 26 Bandar Lampung adalah fasilitas belajar, faktor kurikulum, faktor metode dan strategi, sistem manajemen sekolah dan sistem evaluasi. Proses pembelajaran sangat baik, etika pendidik dengan peserta didik sangat harmonis, etika hubungan peserta didik dengan pendidiknya pun sudah baik, semua pihak sekolah membantu kelancaran belajar. Pendidik dengan peserta didik dan peserta didik dengan pendidik saling mendukung untuk berfikir kreatif dan kritis. Faktor penghambatnya adalah pergaulan peserta didik dengan teman bermainnya yang memiliki etika tercela serta belum adanya kerjasama sekolah dengan para orang tua peserta didik. Kata Kunci: Etika dan Pembelajaran

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Agama islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 03 Jan 2018 08:16
Last Modified: 04 Oct 2019 03:46
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/2825

Actions (login required)

View Item View Item