PENGARUH LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK MENGGUNAKAN TEKNIK MODELLING DALAM MENINGKATKAN MINAT BELAJAR PADA PESERTA DIDIK DI SMP NEGERI 1 BELITANG MADANG RAYA OGAN KOMERING ULU TIMUR SUMATERA SELATAN

YUYUN, LESTARI (2023) PENGARUH LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK MENGGUNAKAN TEKNIK MODELLING DALAM MENINGKATKAN MINAT BELAJAR PADA PESERTA DIDIK DI SMP NEGERI 1 BELITANG MADANG RAYA OGAN KOMERING ULU TIMUR SUMATERA SELATAN. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of BAB1 2 DAPUS.pdf] PDF
Download (4MB)
[thumbnail of SKRIPSI YUYUN LESTARI OK.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Bimbingan kelompok adalah suatu kegiatan yang menyediakan informasi yang bermanfaat untuk dapat membantu individu mencapai perkembangan yang optimal, dilakukan oleh sekelompok orang dengan memanfaatkan dinamika kelompok, dalam kegiatan kelompok ini dapat saling berinteraksi, bebas mengeluarkan pendapat dan menanggapi. Pada situasi belajar mengajar di sekolah, peserta didik yang berminat pada suatu pelajaran tertentu akan cenderung untuk memusatkan perhatian secara terus-menerus selama belajar mengajar berlangsung. Apabila minat terhadap proses pembelajaran yang dimiliki peserta didik rendah, tentu saja hasil yang diperoleh juga tidak sesuai. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh layanan bimbingan kelompok menggunakan teknik modelling untuk meningkatkan minat belajar peserta didik di SMP Negeri 1 Belitang Madang Raya Ogan Komering Ulu Timur Sumatera Selatan Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif eksperimen dengan desain penelitian one group pre-test post-test dengan populasi 32 peserta didik dan sampel 8 peserta didik dari kelas VIII 1 di SMP Negeri 1 Belitang Madang Raya yang memiliki minat belajar dalam kategori sedang. Bimbingan kelompok menggunakan teknik modelling dilakukan sebanyak 4 kali dilakukan selama 2 minggu. Subyek diobservasi dua kali (pre-test dan post test ). Data penelitian diperoleh langsung dari responden melalui kuisioner/angket, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil angket rata-rata skor minat belajar sebelum mengikuti bimbingan kelompok menggunakan teknik modelling adalah 70,75 dan setelah mengikuti bimbingan kelompok menggunakan teknik modelling adalah 97,62. Dari uji t uji t dengan (df) = 7 yang disajikan dalam program SPSS statistic versi 26 diperoleh Thitung = 11,633 dan Ttabel = 2,36462 pada derajat kebebasan (df) 7 kemudian dibandingkan antara Thitung dan Ttabel diperoleh data Thitung > Ttabel, (11,633 > 2,36462) sehingga ini menunjukkan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima, yang berarti dapat dikatakan bahwa layanan bimbingan kelompok menggunkan teknik modelling efektif untuk iv meningkatkan minat belajar peserta didik di SMP Negeri 1 Belitang Madang Raya. Kata Kunci : Bimbingan Kelompok, Teknik Modelling, Minat Belajar v ABSTRACT Group counseling is an activity that provides useful information to be able to help individuals achieve optimal development, carried out by a group of people by utilizing group dynamics, in this group activity they can interact with each other, freely expressing opinions and responding. In teaching and learning situations in schools, students who are interested in a particular subject will tend to focus continuously during teaching and learning. If the interest in the learning process owned by students is low, of course the results obtained are also not appropriate. The purpose of this study was to determine the effect of group guidance services using modeling techniques to increase students' interest in learning at SMP Negeri 1 Belitang Madang Raya Ogan Komering Ulu Timur, South Sumatra This study used a quantitative experimental method with a one group pre-test post-test research design with a population of 32 students and a sample of 8 students from class VIII 1 at SMP Negeri 1 Belitang Madang Raya who had an interest in learning in the moderate category. Group guidance using modeling techniques was carried out 4 times for 2 weeks. Subjects were observed twice (pre-test and post�test). Research data were obtained directly from respondents through questionnaires / questions, observations, interviews, and documentation. Based on the results of the questionnaire, the average score of learning interest before following group guidance using modeling techniques was 70.75 and after following group guidance using modeling techniques was 97.62. From the t test t test with (df) = 7 presented in the SPSS statistics program version 26 obtained Tcount = 11.633 and Ttable = 2.36462 at degrees of freedom (df) 7 then compared between Tcount and Ttable obtained data Tcount > Ttable, (11.633 > 2.36462) so this shows that Ho is rejected and Ha is accepted, which means that it can be said that group guidance services use effective modeling techniques to increase students' interest in learning at SMP Negeri 1 Belitang Madang Raya. Keywords: Group Guidance, Modeling Techniques, Interest in Learning

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Bimbingan Konseling
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Bimbingan Konseling
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 23 May 2023 03:33
Last Modified: 23 May 2023 03:33
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/28215

Actions (login required)

View Item View Item