PERAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MEMBINA AKHLAK PADA PESERTA DIDIK KELAS IV SD N 3 WATUAGUNG KECAMATAN KALIREJO KABUPATEN LAMPUNG TENGAH

Firmansyah , Subhan (2018) PERAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MEMBINA AKHLAK PADA PESERTA DIDIK KELAS IV SD N 3 WATUAGUNG KECAMATAN KALIREJO KABUPATEN LAMPUNG TENGAH. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of SKRIPSI] PDF (SKRIPSI)
Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK PERAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MEMBINA AKHLAK PADA PESERTA DIDIK KELAS IV SD N 3 WATUAGUNG KECAMATAN KALIREJO KABUPATEN LAMPUNG TENGAH Oleh Subhan Firmansyah Guru adalah pendidik profesional dengan tugas utama mendidik, mengajar, melatih, menilai, dan mengevaluasi peserta didik pada pendidikan anak usia dini jalur pendidikan formal, pendidikan dasar, dan pendidikan menengah. Peran guru pendidikan agama Islam sangat penting dan baik buruknya pendidikan tergantung bagaimana seorang guru pendidikan agama Islam Memanifestasikan dan mengaplikasikan sumbangsihnya kedalam lembaga formal maupun lembaga non formal. Akhlak ialah suatu sistem yang menilai perbuatan lahir dan batin manusia baik secara individu, kelompok dan masyarakat dalam interaksi hidup antara manusia dengan Allah, manusia sesama manusia, manusia dengan hewan, juga dengan alam sekitar. Berdasarkan pernyataan di atas, penulis merasa tertarik mengadakan penelitian dengan judul “Peranan Guru Pendidikan Agama Islam Dalam membina Akhlak Pada Peserta Didik Kelas IV di SDN 3 Watuagung Kabupaten lampung Tengah.” Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pelaksanaan pendidikan agama Islam, pelaksanan pembinaan akhlak siswa di SDN 3 Watuagung, untuk mengetahui kendala yang dihadapi oleh guru pendidikan agama Islam di SDN 3 Watuagung dalam melaksanakan pendidikan agama Islam dan pembinaan akhlak siswa, serta mengetahui usaha yang dilakukan oleh guru pendidikan agama Islam dalam mengatasi kendala yang dihadapi dalam pembinaan akhlak siswa di SDN 3 watuagung. Penelitian yang penulis lakukan adalah termasuk dalam penelitian deskriptif kualitatif. Dalam proses pengumpulan data penulis menggunakan metode interview, observasi, dan dokumentasi. Sedangkan untuk analisisnya, penulis menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif, yaitu berupa data-data yang tertulis atau lisan dari orangorang dan perilaku yang diamati, sehingga dalam hal ini penulis berupaya mengadakan penelitian yang bersifat menggambarkan secara menyeluruh tentang keadaan yang sebenarnya. Dari hasil penelitian penulis menemukan bahwa pelaksanaan Pendidikan Agama Islam dan pelaksanaan pembinaan akhlak siswa sudah cukup baik, terbukti sudah mengikuti prosedur-prosedur yang dipergunakan dalam melangsungkan proses belajar mengajar dan mengenai akhlak yang dimiliki oleh siswa banyak variabel kearah yang baik. Adapun peran yang peneliti temukan di SDN 3 Watuagung yaitu guru menasehati siswa jika ada yang memiliki akhlak yang buruk dan membiasakan siswa dengan kebiasaan baik dalam kelas atau ketika di luar kelas serta disiplin terhadap peraturan yang ada di sekolah ketika dalam proses pembelajaran. Guru PAI di SDN 3 Watuagung juga memberikan keteladanan yaitu suri tauladan yang baik kepada siswa dan juga iii memberikan pembiasaan akhlak yang baik di lingkungan sekolah dengan programprogram kegiatan di sekolah dan sangsi atau hukuman yang mendidik siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Agama islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama islam
Depositing User: MTI, S.Kom Syahperi Wahyuni
Date Deposited: 08 Jan 2018 06:17
Last Modified: 08 Jan 2018 06:17
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/2821

Actions (login required)

View Item View Item