PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN LEARNING TOGETHER BERBANTUAN MEDIA CROSSWORD PUZZLE TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS IV SDN 2 ASTRA KSETRA TULANG BAWANG

KURNIA, SARI AZIZAH (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN LEARNING TOGETHER BERBANTUAN MEDIA CROSSWORD PUZZLE TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS IV SDN 2 ASTRA KSETRA TULANG BAWANG. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI 1-2.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of SKRIPSI KURNIA SARI AZIZAH.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (23MB)

Abstract

ABSTRAK Berdasarkan hasil pra-penelitian, ditemukan fakta bahwa masih banyak peserta didik yang belum mencapai nilai ketuntasan minimum pada mata pelajaran bahasa Indonesia. Dalam proses pembelajaran, pendidik menggunakan model pembelajaran Discovery Learning namun langkah penerapannya belum sesuai. Media pembelajaran yang digunakan hanya berupa buku ajar tematik dan benda-benda yang ada di sekitar. Selain itu, hasil wawancara bersama beberapa peserta didik menunjukkan bahwa masih banyak peserta didik yang kesulitan dalam membentuk kalimat menggunakan kosakata baku. Hal ini didukung oleh hasil belajar yang rendah pada tema 3 subtema 1 pembelajaran 1. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode Quasi Experimental Design. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh kelas IV di SD Negeri 2 Astra Ksetra yang berjumlah 52 peserta didik dengan teknik pengambilan sampel menggunakan simple random sampling, didapatkan sampel kelas IV A sebagai kelas eksperimen dan IV B sebagai kelas kontrol. Desain penelitian menggunakan Posttest-Only Control Design. Instrumen penelitian yang digunakan berupa tes kosakata baku berupa pilihan ganda yang berjumlah 20 soal yang telah melalui uji validitas, uji realibilitas, uji tingkat kesukaran, dan uji daya pembeda sehingga layak digunakan sebagai alat ukur penelitian. Teknik analisis data pada penelitian ini adalah Uji t pada SPSS dengan menggunakan independent-sample t�test. Hasil uji hipotesis menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan dengan perolehan hasil signifikansi (2-tailed) 0,028 < 0,05. Penelitian ini memperoleh hasil bahwa model pembelajaran kooperatif tipe learning together berbantuan media crossword puzzle berpengaruh terhadap hasil belajar peserta didik materi kosakata baku kelas IV SD Negeri 2 Astra Ksetra Kecamatan Menggala Kabupaten Tulang Bawang. Pengaruh yang signifikan terlihat dari hasil postest pada kelas eksperimen yang lebih baik daripada kelas kontrol melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe learning together berbantuan media crossword puzzle. Kata Kunci: Kosakata Baku, Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Learning Together, Media Crossword Puzzle

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 23 May 2023 02:57
Last Modified: 23 May 2023 02:57
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/28208

Actions (login required)

View Item View Item