PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TAI (TEAM ASSITED INDIVIDUALIZATION) DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMP N 2 GUNUNGSARI KECAMATAN ULUBELU KABUPATEN TANGGAMUS TP. 2016/2017

BUNAZAR , HABIB (2018) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TAI (TEAM ASSITED INDIVIDUALIZATION) DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMP N 2 GUNUNGSARI KECAMATAN ULUBELU KABUPATEN TANGGAMUS TP. 2016/2017. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of SKRIPSI] PDF (SKRIPSI)
Download (62MB)

Abstract

ABSTRAK Belajar mengajar adalah sebuah interaksi yang bernilai normativ. Belajar mengajar adalah suatu proses yang dilakukan dengan sadar dan bertujuan. Tujuan adalah sebagai pedoman kearah mana akan di bawa kemana proses belajar mengajar. Proses belajar mengajar akan berhasil bila hasilnya mampu membawa perubahan dalam pengetahuan., pemahaman, keterampilan, dan nilai sikap dalam diri anak didik. Dalam interaksi edukatif unsur guru dan anak didik harus aktif, tidak mungkin terjadi proses interaksi edukatif bila hanya satu unsur yang aktif. Aktif dalam arti sikap, mental, dan perbuatan. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TAI (Team Assited Individualizalition) dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 2 Gunungsari Kec. Ulubelu Kab. Tanggamus, serta apakah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TAI (Team Assited Individualizalition) dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di Kelas VIII A SMP Negeri 2 Gunungsari Kec. Ulubelu Kab. Tanggamus. Metode library risearch (penelitian kepustakaan) dipakai dan digunakan dalam menjelaskan konsep-konsep sosial yang terdapat dalam berbagai macam literatur, sedangkan metode field risearch (penelitian lapangan) digunakan untuk mendeskripsikan mengenai penerapan model pembelajarn kooperatif tipe TAI (Team Assited Individualization) dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 2 Gunungsari Kecamatan Ulubelu Kabupaten Tanggumus. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Kooperatif tipe Team Assited Individualization (TAI) pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) dapat meningkatkan hasil belajar para peserta didik di SMP Negeri 2 Gunungsari Kec. Ulubelu Kab. Tanggamus. Hal ini ditandai dengan meningkatnya nilai hasil belajar para peserta didik. Sebelum dilakukan penerapan model pembelajaran Kooperatif tipe Team Assited Individualization (TAI) nilai para peserta didik banyak yang belum memenuhi Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). Setelah diterapkan model pembelajaran Kooperatif tipe Team Assited Individualization (TAI) nilai hasil belajar para peserta didik dari Siklus I sampai dengan Siklus II terus meningkat. Hal ini dapat dilihat dari presentase hasil belajar para peserta didik pra siklus yaitu 19 peserta didik yang tidak tuntas atau (90,47%) dan 2 peserta didik atau (9,52%) peserta didik yang tuntas dan belum mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). Dan pada Siklus I mengalami peningkatan dari 21 jumlah peserta didik 5 peserta didik yang tuntas atau (23,80%) dan 16 peserta didik yang tidak tuntas atau (76,19%), lalu pada Siklus II mengalami peningkatanyang lebih baik yakni 17 jumlah peserta didik yang tuntas atau (80,95%) dan hanya 4 peserta didik atau (19,04%) peserta didik yang tidak tuntas.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Agama islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama islam
Depositing User: MTI, S.Kom Syahperi Wahyuni
Date Deposited: 08 Jan 2018 06:17
Last Modified: 08 Jan 2018 06:17
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/2814

Actions (login required)

View Item View Item