PENGEMBANGAN MODUL BIOLOGI TERINTEGRASI NILAI-NILAI KEISLAMAN UNTUK MEMBERDAYAKAN BERFIKIR KRITIS SISWA KELAS XI SMA AL-KAUTSAR BANDAR LAMPUNG

Nurohmatin, Titin (2017) PENGEMBANGAN MODUL BIOLOGI TERINTEGRASI NILAI-NILAI KEISLAMAN UNTUK MEMBERDAYAKAN BERFIKIR KRITIS SISWA KELAS XI SMA AL-KAUTSAR BANDAR LAMPUNG. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of SKRIPSI.pdf] PDF
Download (3MB)

Abstract

Bahan ajar yang digunakan di sekolah hanya mengantarkan siswa pada ketercapaian ilmu umum saja dan belum terintegrasi nilai-nilai keislaman. Belum adanya bahan ajar yang terintegrasi nilai-nilai keislaman, yang memadukan ilmu sains dengan ayat Al-Qur‟an. Bahan ajar yang digunakan masih berupa LKS dan buku cetak. Padahal dengan adanya modul yang terintegrasi nilai-nilai keislaman dapat menambah ketaqwaan siswa terhadap Tuhan Yang Maha Esa, dan keyakinan siswa bahwa segala ilmu bersumber dari Al-Qur‟an. Modul yang dipadukan dalam ayat alqur‟an ini akan lebih menarik siswa untuk belajar biologi. Bahan ajar yang digunakan belum melatih kemampuan berfikir kritis siswa, sehingga kemampuan berfikir kritis siswa masih rendah. Adanya basis kegiatan berfikir kritis pada setiap soal dikegiatan pembelajaran diharapkan mampu mengembangkan berfikir kritis siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan dan karakteritik modul biologi yang terintegrasikan nilai-nilai keislaman untuk memberdayakan berfikir kritis siswa kelas XI SMA Al-Kautsar Bandar Lampung. Alat pengumpulan data yang digunakan berupa (1) angket kebutuhan siswa (2) wawancara guru biologi (3) tes soal berfikir kritis (4) angket ahli materi (5) angket ahli media (6) angket ahli bahasa (7) angket ahli keterpaduan (8) angket respon siswa (9) angket tanggapan guru (10) tes soal berfikir kritis. Motode pada penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan Research and Development. metode penelian ini menggunakan model pengembangan yang dikembangkan oleh Borg & Gall, Penelitian ini sampai pada tahapan ketujuh dari sepuluh tahapan dalam penelitian R & D yaitu (1) studi pendahuluan (2) perencanaan penelitian (3) pengembangan produk (4) validasi desain (5) revisi validasi desain (6) uji coba produk secara luas (7) revisi uji coba produk secara luas. Bedasarkan validasi dari beberapa ahli yang didapat yaitu ahli media 75% dan 100%, ahli bahasa 77% , 95%, ahli keterpaduan, 98% dan ahli materi 75% dan 76%, responden guru 77 % dan 80% dan responden siswa 90 % maka modul biologi terintegrasi nilai-nilai keislaman untuk memberdayakan berfikir kritis siswa kelas XI mendapatkan criteria layak. Adapun karakteristik dari modul ini adalah (1) modul mudah digunakan, (2) modul terintegrasi nilai-nilai keislaman dengan menggunakan ayat-ayat Al-Qur‟an (3) modul menggunakan evaluasi berfikir kritis Ennis. Modul biologi terintegrasi nilainilai keislaman dapat membantu siswa siswa untuk belajar secara aktif dan mandiri

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Biologi
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Biologi
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 03 Jan 2018 02:24
Last Modified: 03 Jan 2018 02:24
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/2813

Actions (login required)

View Item View Item