PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN HEURISTIK TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN IPA DI MIN 2 PESAWARAN

EVA, ARISKI (2023) PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN HEURISTIK TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN IPA DI MIN 2 PESAWARAN. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI  BAB 1 & BAB 5.pdf] PDF
Download (4MB)
[thumbnail of SKRIPSI  FULL EVA ARISKI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Berdasarkan dari hasil wawancara kepada peserta didik dan pendidik pada saat pra penelitian di MIN 2 Pesawaran diperoleh gambaran bahwa kegiatan belajar mengajar masih bersifat pasif sehingga peserta didik tidak dapat aktif dalam pembelajaran dan hal ini berdampak kepada peserta didik menjadi tidak dapat mengeksplor kemampuan dan keterampilan yang dimilki serta berdasarkan indikator keterampilan proses sains pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) Peserta didik di MIN 2 Pesawaran ini bisa dikatakan masih tergolong rendah dikarenakan kurangnya strategi pembelajaran yang tepat dan menarik yang diberikan oleh pendidik sehingga pembelajaran bersifat pasif. Maka dari itu diterapkannya strategi pembelajaran heuristic dalam kegiatan belajar mengajar untuk meningkatkan keterampilan proses sains peserta didik pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) di SD/MI.Tujuan yang akan dicapai dalam penelitian ini adalah untuk dapat mengetahui serta memperoleh data secara empiric mengenai Pengaruh Strategi Pembelajaran Heuristic terhadap Keterampilan Proses Sains peserta didik pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) di MIN 2 PESAWARAN. Penelitian ini merupakan jenis penelitian True Eksperimental, dengan desain penelitian pretest-posttest control group design. Populasi dengan populasi seluruh peserta didik kelas IV. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini randem. Sampel tersebut berjumlah dua kelas yaitu kelas IV A sebagai kelas Ekperimen dan kelas IV B kontrol. Berdasarkan hasil penelitian yang telah peneliti lakukan, maka dapat diketahui adanya pengaruh strategi pembelajaran heuristic terhadap keterampilan proses sains peserta didik pada mata pelajaran IPA di SD/MI. Dapat dilihat dari rata-rata pretest pada kelas eksperimen yaitu 50,7 dan hasil posttest 77,5 lebih tinggi dibandingkan dengan hasil belajar peserta didik pada kelas control dari rata-rata nilai pretest 51,4 dan nilai posttest 64,6. Hasil penelitian menujukan juga bahwa Uji-T melalui aplikasi SPSS Statistic V For Windows diperoleh nilai sig <0,05 (5%) pada sig (2-tailed) diperoleh 0,000 < 0,05 (5%) dari jumlah 20 peserta didik. Dari kedua nilai tersebut terdapat perubahan nilai dari sebelum diberi perlakuan dengan sesudah diberi perlakuan. Kata Kunci : Strategi Pembelajaran Heuristik, Keterampilan Proses Sains, Mata Pelajaran IPA. iii ABSTRACT Based on the results of interviews with students and educators during the pre�research at MIN 2 Pesawaran, it was obtained an illustration that teaching and learning activities were still passive so that students could not be active in learning and this had an impact on students being unable to explore their abilities and skills and based on indicators of science process skills in Natural Sciences (IPA) students at MIN 2 Pesawaran it can be said that it is still relatively low due to the lack of appropriate and interesting learning strategies provided by educators so that learning is passive. Therefore, heuristic learning strategies are applied in teaching and learning activities to improve students' science process skills in Natural Sciences (IPA) subjects in SD/MI. Heuristic Learning Strategies for Students' Science Process Skills in Natural Sciences (IPA) subjects at MIN 2 PESAWARAN. This research is a type of True Experimental research, with a pretest-posttest control group design. Population with a population of all class IV students. The sampling technique in this study was random. The sample consisted of two classes, namely class IV A as the experimental class and class IV B as the control. Based on the results of the research that the researchers have done, it can be seen that there is an influence of heuristic learning strategies on students' science process skills in science subjects at SD/MI. It can be seen from the average pretest in the experimental class, which is 50.7 and the posttest result is 77.5, which is higher than the learning outcomes of students in the control class, with an average pretest score of 51.4 and a posttest score of 64.6. The results of the study also showed that the T-Test through the SPSS Statistics V For Windows application obtained a sig <0.05 (5%) on sig (2-tailed) obtained 0.000 <0.05 (5%) from a total of 20 students. From these two values there is a change in value from before being given treatment to after being given treatment. Keywords: Heuristic Learning Strategies, Science Process Skills, Science Subjects.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 16 May 2023 08:00
Last Modified: 16 May 2023 08:00
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/28108

Actions (login required)

View Item View Item