PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN COORPERATIVE TIPE STUDENT FACILITATOR AND EXPLAINING (SFAE) TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA DITINJAU DARI JENIS KELAMIN PESERTA DIDIK KELAS VIII MTs NU TANJUNG KARANG BANDAR LAMPUNG TAHUN AJARAN 2015/2016

Saputra , Ari (2017) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN COORPERATIVE TIPE STUDENT FACILITATOR AND EXPLAINING (SFAE) TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA DITINJAU DARI JENIS KELAMIN PESERTA DIDIK KELAS VIII MTs NU TANJUNG KARANG BANDAR LAMPUNG TAHUN AJARAN 2015/2016. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of SKRIPSI] PDF (SKRIPSI)
Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN STUDENT FACILITATOR AND EXPLAINING (SFAE) TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA DITINJAU DARI JENIS KELAMIN PESERTA DIDIK KELAS VIII MTs NU TANJUNG KARANG BANDAR LAMPUNG TAHUN AJARAN 2015/2016 Oleh: Ari Saputra Hasil belajar peserta didik sangat diperlukan dalam pembelajaran. Rendahnya hasil belajar peserta didik kelas VIII MTs NU Tanjung Karang dipengaruhi oleh perbedaan jenis kelamin peserta didik dan penggunaan model pembelajaran yang masih bersifat konvensional. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Student Facilitator and Explaining (SFaE) terhadap hasil belajar matematika ditinjau dari jenis kelamin peserta didik kelas VIII MTs NU Tanjung Karang Bandar Lampung. Penelitian ini merupakan penelitian Quasy Experiment Design dengan rancangan faktorial 2 x 2. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh kelas VIII MTs NU Tanjung Karang tahun pelajaran 2015/2016. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan acak kelas berjumlah 2 kelas yaitu kelas VIII A sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII B sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes hasil belajar peserta didik. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis variansi dua jalan dengan sel tak sama. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan perhitungan uji anava dua jalan dengan sel tak sama diperoleh hasil bahwa Fa 6,352 ditolak, Fb 6.922 ditolak, dan Fab 0,333 diterima. Berdasarkan kajian teori dan perhitungan analisis dapat disimpulkan bahwa: (1) Terdapat pengaruh hasil belajar antara peserta didik yang mendapat model pembelajaran SFaE dan peserta didik yang mendapat model pembelajaran konvensional. (2) Terdapat pengaruh hasil belajar antara peserta didik perempuan dan peserta didik laki-laki. (3) Tidak terdapat interaksi antara model pembelajaran dan jenis kelamin peserta didik terhadap hasil belajar peserta didik. Kata Kunci: SFAE, Jenis Kelamin, dan Hasil Belajar Matematika.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: MTI, S.Kom Syahperi Wahyuni
Date Deposited: 08 Jan 2018 06:18
Last Modified: 08 Jan 2018 06:18
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/2807

Actions (login required)

View Item View Item