PENGARUH METODE OUTDOOR LEARNING TERHADAP PENINGKATAN SELF REGULATION DAN KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA KELAS X DI SMA GAJAH MADA BANDAR LAMPUNG

AZIZAH, NISA (2017) PENGARUH METODE OUTDOOR LEARNING TERHADAP PENINGKATAN SELF REGULATION DAN KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA KELAS X DI SMA GAJAH MADA BANDAR LAMPUNG. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK PENGARUH METODE OUTDOOR LEARNING TERHADAP PENINGKATAN SELF REGULATION DAN KETERAMPILAN PROSES SAINS BIOLOGI SISWA KELAS X DI SMA GAJAH MADA BANDAR LAMPUNG Oleh: Nisa Azizah Pembelajaran pada hakikatnya merupakan suatu proses interaksi antara guru dengan siswa, untuk menciptakan iklim pembelajaran yang menyenangkan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode Outdoor Learning terhadap Peningkatan Self Regulation (SR) dan Keterampilan Proses Sains (KPS) Siswa pada materi ekosistem pada kelas X di SMA Gajah Mada Bandar Lampung Tahun Ajaran 2015/2016. Metode Penelitian ini menggunakan Quasi eksperimen dengan desain the matching-only pretest-postest control group design. Teknik Pengumpulan data dalam penelitian ini terdiri dari tes, lembar observasi, angket, dan dokumentasi. Dari hasil penelitian, nilai rata-rata SR awal di kelas eksperimen 73,21, nilai ratarata SR akhir 84,66 dengan perolehan N-Gain 0,43 termasuk kategori sedang. Peningkatan indikator SR tertinggi pada kelas eksperimen yaitu merencanakan dengan tepat, sedangkan indikator terendah menyadari pemikirannya sendiri. Pada kelas kontrol nilai rata-rata SR awal 72,99 dan nilai rata-rata SR akhir 82,81 serta memperoleh N-Gain sebesar 0,36 termasuk kategori sedang. Peningkatan indikator tertinggi pada kelas eksperimen yaitu merencanakan dengan tepat, sedangkan indikator terendah yaitu keefektifan tindakan. Dan untuk nilai rata-rata Pretest KPS di kelas eksperimen 60,49 dan Posttest KPS 87,80 dengan N-Gain 0,7 termasuk kategori Tinggi. Peningkatan indikator tertinggi pada kelas eksperimen yaitu mengkomunikasi sedangkan indikator terendah observasi. Pada kelas kontrol nilai rata-rata Pretest KPS 60,80 dan posttest sebesar 77,21 dengan N-Gain 0,4 termasuk kategori sedang. Peningkatan indikator tertinggi pada kelas kontrol yaitu klasifikasi sedangkan indikator terendah memprediksi. Berdasarkan uji t independent SR untuk nilai N-Gain diperoleh sig. (2-tailed) 0,02 < ½ α (0,025), maka H0 ditolak dan H1 diterima, dan uji t independent KPS untuk nilai N-Gain diperoleh sig. (2-tailed) 0,00 < ½ α (0,025), maka H0 ditolak dan H1 diterima. Untuk regresi linier sederhana diperoleh R Square 0,84 artinya metode Outdoor Learning berpengaruh sebesar 84% terhadap peningkatan SR. Untuk regresi linier sederhana diperoleh R Square 0,55, artinya metode Outdoor Learning berpengaruh sebesar 55 % terhadap peningkatan KPS. Berdasarkan hasil angket respon siswa diketahui bahwa siswa merespon positif terhadap pembelajaran yang dilakukan. Kata Kunci : Metode Outdoor Learning, Keterampilan Proses Sains dan Self Regulation

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Biologi
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Biologi
Depositing User: MTI, S.Kom Syahperi Wahyuni
Date Deposited: 08 Jan 2018 06:19
Last Modified: 08 Jan 2018 06:19
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/2765

Actions (login required)

View Item View Item