PENGARUH LAYANAN INFORMASI UNTUK MENGATASI PERILAKU BULLYING PESERTA DIDIK KELAS VIII DI MTs NEGERI 2 BANDAR LAMPUNG TAHUN 2017/2018

Maspuroh, Siti (2017) PENGARUH LAYANAN INFORMASI UNTUK MENGATASI PERILAKU BULLYING PESERTA DIDIK KELAS VIII DI MTs NEGERI 2 BANDAR LAMPUNG TAHUN 2017/2018. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of pdfjoiner.pdf] PDF
Download (1MB)

Abstract

Bullying adalah suatu bentuk perilaku agresif yang diwujudkan dengan perlakuan secara tidak sopan dan penggunaan kekerasan atau paksaan untuk mempengaruhi orang lain, yang dilakukan secara berulang-ulang atau berpotensi untuk terulang, dan melibatkan ketidak seimbangan kekuatan dan kekuasaan. Problem yang sering terjadi adalah peserta didik masih banyak memperlakukan teman-temannya dengan cara membullinya. Kebiasaan sederhana yang dilakukan peserta didik seperti; memanggil dengan julukan, mengejek, menyindir, menjegal, dsb. Peserta didik tidak menyadari bahwa kebiasaan seperti itu termasuk dalam perilaku bullying. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui apakah layanan informasi bullying sebagai layanan bimbingan dan konseling efektif dalam mengatasi perilaku bullying peserta didik MTs Negeri 2 Bandar Lampung. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif, Dengan desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah Non-equivalent Control Group Design. Pada dua kelompok tersebut, sama-sama dilakukan pre-test dan post-test, dalam penelitian ini fokus memperoleh data dan gambaran di lapangan tentang konseling kelompok dengan teknik layanan informasi untuk menurunkan perilaku bullying peserta didik, sedangkan teknik pengumpul data yang penulis gunakan yaitu angket tentang perilaku bullying, wawancara, observasi dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian, diketahui bahwa terdapat penurunan perilaku bullying peserta didik setelah melakukan konseling kelompok dengan layanan informasi bullying dengan diperoleh (df) 20 kemudian dibandingkan dengan ttabel 0,05 = 2,120, maka thitung ≤ ttabel (-9.458 ≤ 2,120) atau nilai sign.(2-tailed) lebih kecil dari nilai kritik 0,005 (0.000 ≤ 0,005), ini menunjukkan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima, selain itu didapatkan nilai rata-rata kelompok eksperimen lebih kecil dari pada kelompok kontrol (43,5 ≤ 61,6). Hal tersebut membuktikan konseling kelompok dengan teknik layanan informasi efektif untuk menurunkan perilaku bullying peserta didik kelas VIII di MTs Negeri 2 Bandar Lampung. Kata Kunci: Layanan Informasi, layanan konseling kelompok, Perilaku bullying.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Bimbingan Konseling
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Bimbingan Konseling
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 28 Dec 2017 01:50
Last Modified: 28 Dec 2017 01:50
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/2738

Actions (login required)

View Item View Item