PENGARUH HASIL TES FORMATIF BIDANG STUDI AL-QUR’AN HADITS TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS VIII MTs MUHAMMADIYAH SUKARAME BANDAR LAMPUNG

Mukhlisoh, Lilis (2017) PENGARUH HASIL TES FORMATIF BIDANG STUDI AL-QUR’AN HADITS TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS VIII MTs MUHAMMADIYAH SUKARAME BANDAR LAMPUNG. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of Skripsi_Full_LILIS.pdf] PDF
Download (68MB)

Abstract

Salah satu komponen yang sangat penting dalam pendidikan adalah adanya guru sebab gurulah yang paling menentukan berhasilnya proses belajar mengajar di dalam kelas termasuk di dalamnya melaksanakan penilaian proses dan hasil belajar. Tes formatif adalah tes hasil belajar yang bertujuan untuk mengetahui, sudah sejauh manakah peserta didik “telah terbentuk” (sesuai dengan tujuan yang telah ditentukan) setelah mereka mengikuti proses pembelajaran dalam jangka waktu tertentu. Kemudian dalam pembelajaran tidak terlepas dari aktivitas siswa, karena dalam pembelajaran kemampuan siswa sangat menentukan keberhasilannya dalam proses belajar. Salah satu faktor yang dapat mempengaruhi proses belajar ialah adanya motivasi. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah seberapa besarkah pengaruh hasil tes formatif bidang studi Al-Qur’an Hadits terhadap motivasi belajar siswa kelas VIII MTs Muhammadiyah Sukarame Bandar Lampung. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh hasil tes formatif bidang studi Al-Qur’an Hadits terhadap motivasi belajar siswa kelas VIII MTs Muhammadiyah Sukarame Bandar Lampung. Penelitian ini merupakan penelitian survei (survey research) sedangkan penelitian menurut jenis data yang digunakan adalah jenis kuantitatif (data berbentuk angka). Populasi dalam penelitian ini seluruh siswa kelas VIII MTs Muhammadiyah Sukarame Bandar Lampung dengan jumlah 39 siswa. Karena jumlah siswa 39 orang, maka semua populasi dijadikan sampel sehingga penelitian ini adalah penelitian dengan sampling jenuh. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dokumentasi dan angket motivasi belajar siswa. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan rumus regresi sederhana dengan menggunakan program SPSS 23. Berdasarkan hasil penelitian mengungkapkan bahwa hasil tes formatif bidang studi Al-Qur’an Hadits mempunyai pengaruh terhadap motivasi belajar siswa. Hal ini dilihat dari perhitungan regresi sederhana yang didapat adalah

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Agama islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama islam
Depositing User: Users 516 not found.
Date Deposited: 27 Dec 2017 02:46
Last Modified: 27 Dec 2017 02:46
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/2722

Actions (login required)

View Item View Item