EFEKTIVITAS KONSELING KELOMPOK DENGAN TEKNIK SELF-INSTRUCTION UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS VIII SMP AL-AZHAR 3 BANDAR LAMPUNG TAHUN PELAJARAN 2017/2018

Nofriansa, N (2017) EFEKTIVITAS KONSELING KELOMPOK DENGAN TEKNIK SELF-INSTRUCTION UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS VIII SMP AL-AZHAR 3 BANDAR LAMPUNG TAHUN PELAJARAN 2017/2018. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of Skripsi_Full.pdf] PDF
Download (69MB)

Abstract

Motivasi dan belajar adalah dua hal yang saling mempengaruhi. Belajar adalah perubahan tingkah laku secara relatif permanen dan secara potensial terjadi sebagai hasil dari praktik untuk mencapai tujuan tertentu. Sedangkan motivasi adalah perubahan energi dalam diri seseorang yang ditandai dengan munculnya “feeling” dan didahului dengan tanggapan terhadap adanya tujuan. Dalam proses pembelajaran, jika seorang peserta didik tidak memiliki motivasi yang baik, maka akan sulit untuk dapat mencapai tujuan dari pembelajaran. Hasil belajar akan optimal jika peserta didik memiliki motivasi dalam belajar, semakin tepat motivasi yang diberikan , maka akan semakin berhasil pula proses pembelajaran itu. Motivasi belajar yang rendah masih terdapat pada peserta didik kelas VIII di SMP Al-Azhar 3 Bandar Lampung. Tujuan penelitian ini yakni untuk mengetahui keefektifan konseling kelompok dengan teknik self-instruction untuk meningkatkan motivasi belajar peserta didik kelas VIII di SMP Al-Azhar 3 Bandar Lampung. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif, dengan desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah Non-equivalent Control Group Design. Pada dua kelompok tersebut, sama-sama dilakukan pre-test dan post-test., dalam penelitian ini fokus memperoleh data dan gambaran di lapangan tentang keefektifan konseling kelompok dengan teknik self-instruction untuk meningkatkan motivasi belajar peserta didik, sedangkan teknik pengumpul data yang penulis gunakan yaitu Observasi dan angket motivasi belajar. Adapun hasil yang di peroleh adalah hasil perhitungan pengujian diperoleh thitung 18,477 pada derajat kebebasan (df) 18 kemudian dibandingkan dengan ttabel 0,05 = 2,086, maka thitung ≥ ttabel (18,477 ≥ 2,086) atau nilai sign.(2-tailed) lebih kecil dari nilai kritik 0,005 (0.000 ≤ 0,005), ini menunjukkan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima, selain itu didapatkan nilai rata-rata kelompok eksperimen lebih besar dari pada kelompok kontrol (118,7≥ 79,4). Hal tersebut membuktikan konseling kelompok dengan teknik self-instruction efektif untuk meningkatkan motivasi belajar peserta didik kelas VIII di SMP Al-Azhar 3 Bandar Lampung.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Bimbingan Konseling
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Bimbingan Konseling
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 27 Dec 2017 03:14
Last Modified: 27 Dec 2017 03:14
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/2715

Actions (login required)

View Item View Item