PENGARUH PENDEKATAN JELAJAH ALAM SEKITAR (JAS) BERBASIS GALLERY WALK TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF DAN AFEKTIF PESERTA DIDIK KELAS IV MI ISMARIA AL-QUR’ANNIYAH RAJABASA BANDAR LAMPUNG

Anisa, Nur (2017) PENGARUH PENDEKATAN JELAJAH ALAM SEKITAR (JAS) BERBASIS GALLERY WALK TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF DAN AFEKTIF PESERTA DIDIK KELAS IV MI ISMARIA AL-QUR’ANNIYAH RAJABASA BANDAR LAMPUNG. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of Skripsi_Full.pdf] PDF
Download (63MB)

Abstract

Berdasarkan pengamatan awal peneliti pada mata pelajaran IPA, peserta didik belum mencapai nilai sekurang-kurangnya 70 dan belum adanya instrumen penilaian yang disusun secara terencana untuk mengukur hasil belajar afektif saat proses pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pendekatan Jelajah Alam Sekitar (JAS) berbasis Gallery Walk terhadap hasil belajar kognitif dan afektif peserta didik kelas IV MI Ismaria Al-Qur’anniyah Rajabasa Bandar Lampung tahun pelajaran 2017/2018 pada materi tumbuhan dan hewan. Penelitian ini merupakan jenis penelitian true experimental design, dengan pretest-posttest control groub design. Sampel penelitian terdiri dari dua kelas yaitu kelas IVA sebagai kelas eksperimen dan kelas IVB sebagai kelas kontrol yang masing-masing kelas berjumlah 35 peserta didik. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah lembar evaluasi berupa soal dan angket. Pengujian hipotesis dalam penelitian ini menggunakan uji-T dengan taraf signifikansi 5%. Berdasarkan data yang telah dianalisis, didapatlah hasil belajar kognitif terdapat thitung = 2,284 sedangkan ttabel = 1,995, dengan demikian diketahui bahwa thitung> ttabel yaitu 2,284 > 1,995 yang berarti H1 diterima dan H0 ditolak. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan adanya pengaruh terhadap hasil belajar kognitif peserta didik. Untuk hasil belajar sikap afektif didapat thitung = 5.812 sedangkan ttabel = 1,995, dengan demikian diketahui bahwa thitung> ttabel yaitu 5.812 > 1,995 yang berarti H1 diterima dan H0 ditolak. Dengan demikian, hipotesis dalam penelitian ini menunjukkan bahwa adanya pengaruh terhadap hasil belajar kognitif dan afektif peserta didik MI Ismaria Al-Qur’anniyah Rajabasa Bandar Lampung tahun pelajaran 2017/2018 pada materi tumbuhan dan hewan. Kata Kunci : Pendekatan Jelajah Alam Sekitar (JAS), Metode Gallery Walk, Hasil Belajar Kognitif, Sikap Afektif

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Users 516 not found.
Date Deposited: 21 Dec 2017 04:30
Last Modified: 21 Dec 2017 04:30
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/2703

Actions (login required)

View Item View Item