PENGARUH METODE MAKE A MATCH TERHADAP HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS V MIN02BANDAR LAMPUNG TAHUN AJARAN2017/2018

Aulani, Rika (2017) PENGARUH METODE MAKE A MATCH TERHADAP HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS V MIN02BANDAR LAMPUNG TAHUN AJARAN2017/2018. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of Skripsi_Full.pdf] PDF
Download (71MB)

Abstract

Pembelajaran IPS harus menerapkan metode-metode pembelajaran yang inovatif selama proses pembelajaran sehingga pembelajaran IPS lebih menarik. Pemberian pembelajaranIPS siswa di kelas V MIN 02 Bandar Lampung hanya sebatas konsep, sehingga sulit melibatkan siswa secara aktif dalam proses pembelajarannya, serta lebih mementingkan pada menghafal bukan pada pemahaman.Minat siswa dalam pembelajaran IPS di kelas V MIN 02 Bandar Lampung masih kurang. Hal tersebut sangat mempengaruhi hasil belajar siswa. Berdasarkan masalah dalam penelitian ini adalah apakah terdapat pengaruh metode Make A Matchterhadap hasil belajar IPS siswa kelas V MIN 02 Bandar Lampung? Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode Make A Match terhadaphasil belajar IPS siswa kelas V MIN 02 Bandar Lampung. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Quasi Eksperiment dengan design penelitian Nonequivalent Control Group Design, Penelitian ini menggunakan kelas VA sebagai kelas eksperimen dan kelas VB sebagai kelas kontrol. Untuk data menggunakan pretest dan posttest. Data dikumpulkan kemudian pengolahannya dilakukan dengan analisis statistik dengan Uji t. Dari hasil penelitian diketahui bahwa, perhitungan Uji t untuk nilai test akhir diperoleh thitung > ttabel yaitu 3,5092 > 1,6848 pada taraf signifikasi 5 % atau 0,05. Sesuai kriteria Uji-t berarti HO ditolak dan H1 diterima. Hal ini menunjukkan bahwa, terdapat perbedaan hasil belajar yaitu pada kelas eksperimen hasil belajar pada test awal memiliki nilai rata-rata sebesar 77.9 dan rata-rata test akhir sebesar 83,65 sedangkan pada kelas kontrol hasil belajar pada awal memiliki nilai rata-rata sebesar 83,6 dan rata-rata pada test akhir sebesar 77,pada kelas eksperimen dan kelas kontrol. Penggunaan metode Make A Match berpengaruh positif terhadap hasil belajar IPS siswa kelas V MIN 02 Bandar Lampung.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: ADMINLIB PERPUSTAKAAN
Date Deposited: 21 Dec 2017 03:48
Last Modified: 21 Dec 2017 03:48
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/2698

Actions (login required)

View Item View Item