PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TALKING STICK TERHADAP MOTIVASI BELAJAR BAHASA INDONESIA PESERTA DIDIK KELAS IV MI MATHLA’UL ANWAR BANDAR LAMPUNG

Rakasiwi, Syahid Galih (2017) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TALKING STICK TERHADAP MOTIVASI BELAJAR BAHASA INDONESIA PESERTA DIDIK KELAS IV MI MATHLA’UL ANWAR BANDAR LAMPUNG. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of SKRIPSI.pdf] PDF
Download (1MB)

Abstract

Masalah dalam penelitian ini adalah masih rendahnya motivasi belajar siswa pada mata pelajaran bahasa Indonesia dikarenakan model pembelajaran yang digunakan oleh saat ini guru kurang divariasikan dengan model yang sekarang ini. Dalam kegiatan belajar, motivasi dapatdikatakansebagaidayapenggerakdidalam dirisiswayang menimbulkankegiatanbelajar,yang menjaminkelangsungan darikegiatanbelajardanyang memberikanarahpadakegiatanbelajarsehinggatujuanyang dikehendakioleh siswadalambelajardapat tercapai. Hal ini sesuai dengan fakta lapangan yang pada saat pra survey di kelas IV MI Mathla‟ul Anwar Bandar Lampung. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah ada atau tidak adapengaruhpengunaanmodel pembelajaran talking stick terhadapmotivasi siswa pada mata pelajaran bahasa Indonesiaa kelasIVMI Mathla‟ul Anwar Bandar Lampung.Tujuan penelitian untuk mengetahui ada atautidakpengaruhmodel pembelajarantalking stick terhadap motivasi siswa pada mata pelajaran bahasa IndonesiakelasIVMI Mathla‟ul Anwar Bandar Lampung dan besar / kecilpengaruhmodel pembelajarantalking stick terhadap motivasi siswa pada mata pelajaran bahasa IndonesiaakelasIVMI Mathla‟ul Anwar Bandar Lampung. Penelitian ini dilaksanakan di MI Mathla‟ul Anwar Bandar Lampung dengan jumlah populasi dalam penelitian sebanyak 48 siswa. Adapun jumlah sampel sebanyak 24 siswa yang diambil dengan menggunakan teknik simple random sampling. Pada penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan angket dan dokumentasi. Hasil analisa data penelitian menunjukan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran talking stick terhadap motivasi siswa pada mata pelajaran bahasa IndonesiaakelasIVMI Mathla‟ul Anwar Bandar Lampung. Hal ini dibuktikan dari besarnya thitungsebesar7,81169 dan ttabel sebesar 1,711 sehingga hasilnya thitung > ttabelsebesar 7,81168 > 1,711 yang artinya H1 diterima dan H0ditolak artinyabahwa terdapat besar pengaruhmodel pembelajarantalking stick terhadap motivasi siswa pada mata pelajaran bahasa IndonesiakelasIVMI Mathla‟ul Anwar Bandar Lampung. Kata Kunci : Bahasa Indonesia, Model Pembelajaran Talking Stick, Motivasi,

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 21 Dec 2017 02:55
Last Modified: 21 Dec 2017 02:55
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/2696

Actions (login required)

View Item View Item