Priyadi, Yusuf (2017) KONTRIBUSI MUHAMMAD AL-FATIH (1429-1481 M) PADA PENDIDIKAN ISLAM DI PEMERINTAHAN TURKI UTSMANI. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.
![]() |
PDF
Download (2MB) |
Abstract
Al-Qur’an sebagai pedoman hidup umat Islam di dunia memiliki pokok ajaran salah satunya tentang sejarah. Cicero, Filosof Yunani mengatakan: “Historia ia magistra vitae” sejarah adalah guru yang hidup. Urgensi mempelajari ilmu sejarah bagi umat Islam tertuang dalam QS. Thaha : 99, QS. Yusuf : 111 dan QS. Al-Hasyr : 18. Yang menjadi permasalahan dalam penelitian ini yaitu kurangnya minat insan pendidikan Islam pada umumnya untuk mempelajari sejarah Islam. Sejarah Islam yang disampaikan di pendidikan Islam Indonesia banyak berpusat dan berhenti pada pemerintahan bani Umayyah dan Abbasiyah. Padahal kepemimpinan Islam setelah itu tidak boleh dilupakan begitu saja termasuk dalam pemerintahan Turki Utsmani. Tokoh terkenal dalam kepemimpinan khalifah Utsmaniyah yaitu Sultan ke-7 (tujuh) Muhammad II (Al-Fatih) yang telah berhasil menaklukkan kota Konstantinopel.. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan apa saja kontribusi Muhammad Al- Fatih (1429-1481 M) pada Pendidikan Islam di Pemerintahan Turki Utsmani dan bagaimana relevansinya terhadap pendidikan Islam saat ini. Penelitian ini merupakan penelitian kepustakaan (library research) dengan fokus penelitian pada kontribusi Muhammad Al-Fatih pada Pendidikan Islam di Pemerintahan Turki Utsmani. Sumber data dalam penelitian ini menggunakan sumber data sekunder dan tersier. Teknik pengumpulan datanya menggunakan dokumentasi serta analisis datanya menggunakan analisis isi (content analisys) dan analisis deskriptif deduktif. Hasil penelitian ini yaitu kontribusi Muhammad Al-Fatih pada pendidikan Islam di pemerintahan Turki Utsmani yang meliputi pembangunan akademi dan sekolah seperti penggunaan masjid Aya Sofya, dan Zairek sebagai pusat kegiatan pendidikan Islam, pada masa kecilnya sultan membangun madrasah Sultaniye, dibangun juga Dârü’l-Fünûn yang menjadi cikal bakal Istanbul University. Kurikulum dan metode pendidikan berupa pendidikan agama dan pendidikan ilmu umum serta pendidikan keahlian. Gaji guru dan petugas madrasah diatur dalam undang-undang ‘Kanun-Name-i Al-i Osman’ yang sumber keuangannya diambil dari lembaga wakaf, dan tingkatan madrasah serta program belajarnya meliputi Madrasah Haşiye-i Tecrid, Madrasah Miftah, Madrasah Kırklı, Madrasah Ellili, Sahn-ı Seman, Madrasah Altmışlı Kata Kunci : Muhammad Al-Fatih dan Pendidikan Islam
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Agama islam |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama islam |
Depositing User: | LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI |
Date Deposited: | 21 Dec 2017 01:58 |
Last Modified: | 21 Dec 2017 01:58 |
URI: | http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/2690 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |