PERAN KEPALA MADRASAH SEBAGAI SUPERVISOR DALAM IMPLEMENTASI MANAJEMEN TENAGA PENDIDIK DI MIN 4 BANDAR LAMPUNG

Andriyani, Desi (2017) PERAN KEPALA MADRASAH SEBAGAI SUPERVISOR DALAM IMPLEMENTASI MANAJEMEN TENAGA PENDIDIK DI MIN 4 BANDAR LAMPUNG. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of Skripsi_Full.pdf] PDF
Download (70MB)

Abstract

Peran Kepala madrasah MIN 4 Bandar Lampung sudah terlaksana dengan baik, akan tetapi implementasi tenaga pendidiknya masih belum terlaksana dengan baik. Kepala madrasah memiliki peran, salah satunya adalah kepala madrasah sebagai supervisor yaitu mensupervisi pekerjaan yang dilakukan oleh tenaga pendidik serta harus diwujudkan dalam kemampuan menyusun dan melaksanakan program supervisi pendidikan serta memanfaatkan hasilnya. Sehingga penulis tertarik untuk meneliti peran kepala madrasah sebagai supervisor dalam implementasi manajemen tenaga pendidik di MIN 4 Bandar Lampung. Dengan demikian rumusan masalah yang penulis kemukakan adalah, “Bagaimana peran kepala madrasah sebagai supervisor dalam impelemtasi manajemen tenaga pendidik di MIN 4 Bandar Lampung?”. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana peran kepala madrasah sebagai supervisor dalam implementasi manajemen tenaga pendidik. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data melalui kegiatan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data yang di peroleh selama penelitian di analisis dengan langkah-langkah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Sedangkan uji keabsahan data dilakukan dengan pengamatan dan triangulasi. Triangulasi yang di gunakan dalam penelitian ini adalah triangulasi sumber atau metode. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa peran kepala madrasah sebagai supervisor dalam implementasi manajemen tenaga pendidik di MIN 4 Bandar Lampung sudah terlaksana, dibuktikan dengan : menyiapkan waktu untuk berkomunikasi dengan para guru, diskusi kelompok dengan para guru, melakukan kunjungan kelas, memantau kemajuan belajar peserta didik melalui guru sesering mungkin berdasarkan data prestasi belajar, membimbing dan mengarahkan guru dalam memecahkan masalah, memberikan dukungan kepada para guru untuk menegakkan disiplin peserta didik, dan melakukan simulasi pembelajaran. Akan tetapi, tenaga pendidiknya masih belum terlaksana dibuktikan dengan kurangnya menguasai media pembelajaran, penguasaan teknologi, memiliki wawasan yang luas, keterampilan mengajar yang baik, dan menguasai kurikulum. Kesimpulan penelitian ini, peran kepala madrasah sebagai supervisor dalam implementasi manajemen tenaga pendidik di MIN 4 Bandar Lampung sudah terlaksana dengan baik. Akan tetapi, implementasi tenaga pendidiknya masih belum terlaksana dengan baik. Kata kunci : Kepala Madrasah, Supervisor, Manajemen tenaga pendidi

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Manajemen Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 20 Dec 2017 04:54
Last Modified: 20 Dec 2017 04:54
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/2688

Actions (login required)

View Item View Item