PENGARUH PENDEKATAN KONSTRUKTIVISME TERHADAP PENGUASAAN KONSEP BELAJAR IPA SISWA KELAS V MADRASAH IBTIDAIYAH MASYARIQUL ANWAR IV SUKABUMI BANDAR LAMPUNG

Arisandi, Devi (2017) PENGARUH PENDEKATAN KONSTRUKTIVISME TERHADAP PENGUASAAN KONSEP BELAJAR IPA SISWA KELAS V MADRASAH IBTIDAIYAH MASYARIQUL ANWAR IV SUKABUMI BANDAR LAMPUNG. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of ] PDF
Download (0B)

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah penguasaan konsep belajar IPA siswa masih rendah. Hal ini disebabkan oleh berbagai faktor, salah satunya yaitu pembelajaran yang berpusat pada guru mengakibatkan siswa kurang aktif dan terlibat lebih mendalam saat proses pembelajaran. Untuk mengatasi hal tersebut diterapkan pembelajaran pendekatan konstruktivisme untuk mengatasi masalah tersebut, peneliti menerapkan pendekatan konstruktivisme di dalam proses pembelajaran IPA. Pendekatan Konstruktivisme adalah alternatif untuk meningkatkan mutu pengajaran agar penguasaan konsep belajar siswa dapat meningkat dengan baik. Pembelajaran dengan menggunakan Pendekatan Konstruktivisme lebih menekankan kepada proses menggali kemampuan siswa secara maksimal. Penelitian ini bertujuan: untuk menganalisis pengaruh. Pendekatan Konstruktivisme terhadap penguasaan konsep belajar IPA siswa kelas V MI Masyariqul Anwar IV Sukabumi Bandar Lampung. Penelitian ini merupakan Quasi Eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas V MI Masyariqul Anwar IV Sukabumi Bandar Lampung. Penelitian ini menggunakan 2 kelas yang berjumlah 39 siswa. Kelas V A berjumlah 20 siswa sebagai kelas eksperimen dan kelas V B berjumlah 19 siswa sebagai kelas kontrol. Pemilihan sampel dilakukan dengan teknik Random Sampling yaitu untuk memilih kelas secara acak yang berfungsi sebagai kelas eksperimen dan kelas kontrol. Untuk memperoleh data menggunakan posttest. Alat pengumpulan data menggunakan tes dan dokumentasi. Hasil penelitian diperoleh bahwa penguasaan konsep belajar siswa setelah proses pembelajaran dengan menggunakan Pendekatan Konstruktivisme adalah cukup baik dengan nilai rata-rata posttest 80,1, sedangkan pembelajaran tanpa menggunakan Pendekatan Konstruktivisme adalah kurang dengan nilai rata-rata posttest 69,3. Uji t untuk nilai posttest diperoleh thitung ˃ ttabel yaitu 2.840 ˃ 2,026. Sehingga dapat disimpulkan bahwa H0 ditolak dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh penggunaan Pendekatan Konstruktivisme terhadap penguasaan konsep belajar IPA siswa kelas V MI Masyariqul Anwar IV Sukabumi Bandar Lampung.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: ADMINLIB PERPUSTAKAAN
Date Deposited: 19 Dec 2017 03:27
Last Modified: 19 Dec 2017 03:27
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/2675

Actions (login required)

View Item View Item