PENGARUH BIMBINGAN DAN KONSELING KOMPREHENSIF DENGAN PENDEKATAN KOGNITIF SOSIAL TERHADAP EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN PESERTA DIDIK SMA AL-AZHAR 3 BANDAR LAMPUNG TAHUN AJARAN 2017/2018

Iswara, Ayu (2017) PENGARUH BIMBINGAN DAN KONSELING KOMPREHENSIF DENGAN PENDEKATAN KOGNITIF SOSIAL TERHADAP EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN PESERTA DIDIK SMA AL-AZHAR 3 BANDAR LAMPUNG TAHUN AJARAN 2017/2018. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of pdfjoiner_7.pdf] PDF
Download (979kB)

Abstract

Bimbingan dan konseling komprehensif adalah segala upaya atau cara yang digunakan untuk mendayagunakan secara optimal semua komponen atau sumber daya (tenaga, dana, sarana-prasarana), untuk menyelenggarakan pelayanan bimbingan dan konseling komprehensif dalam rangka mencapai tujuan yang telah ditentukan, adalah dengan melakukan kolaborasi aktif antara konselor dengan seluruh pihak yang berkaitan dengan lembaga pendidikan. Untuk memperbaiki citra konselor disekolah maka dilaksanakanlah salah satu komponen yang ada dalam bimbingan dan konseling komprehensif yang akan dilakukan dalam penelitian ini yaitu layanan responsive dengan pengambilan unsur kolaborasi dengan guru mata pelajaran dan wali kelas, dalam manajemen pengelolaan kelas, dengan menggunakan pendekatan kognitif social. Manajemen pengelolaan kelas merupakan suatu usaha guru untuk menciptakan suasana kegiatan belajar mengajar yang kondusif agar tercapai kondisi yang optimal sesuai dengan yang diharapkan dan mengendalikannya apabila terjadi gangguan dalam pembelajaran. Adapun pendekatan kognitif social yang digunakan dalam hal ini mengacu pada teori albert bandura karena proses kognitif dalam diri individu memegang peranan dalam pembelajaran, sedangkan pembelajaran terjadi karena adanya pengaruh lingkungan sosial. Penelitian ini menggunakan metode quasi eksperimental. Teknik pengumpulan data melalui observasi, angket, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan Gain setelah di berikan Treatment Terdapat perbedaan skor Mean kontrol setelah diberikan treatment 74,3056 dan Mean eksperimen setelah diberikan treatment 91,1389 dengan angka selisih peningkatan adalah 10,0844.selain itu diperoleh t hitung (12,978) nilai ini > t tabel (1,994) dengan nilai Sig 0,00 < 0,05 yang artinya Ha diterima Ho ditolah, dengan demikian efektivitas pembelajaran lebih meningkat karena diberikan manajemen kelas dengan pendekatan kognitif sosial. Jadi dapat disimpulkan bahwa bimbingan dan Konseling Komprehensif dengan pendekatan kognitif sosial berpengaruh positif dalam meningkatkan efektivitas pembelajaran. Kata Kunci : Bimbingan, Konseling, Komprehensif, Kognitif Sosial.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Bimbingan Konseling
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Bimbingan Konseling
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 19 Dec 2017 01:38
Last Modified: 19 Dec 2017 01:38
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/2664

Actions (login required)

View Item View Item