PENGARUH METODE PEMBELAJARAN IMPROVE BERBANTU MEDIA PERMAINAN MATEMATIKA MAJU MUNDUR TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS KELAS II MIN 6 BANDAR LAMPUNG

Novialita, Hera (2017) PENGARUH METODE PEMBELAJARAN IMPROVE BERBANTU MEDIA PERMAINAN MATEMATIKA MAJU MUNDUR TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS KELAS II MIN 6 BANDAR LAMPUNG. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of SKRIPSI_HERA.pdf] PDF
Download (18MB)

Abstract

Penelitian ini di latar belakangi oleh kenyataan di lapangan yang menunjukan bahwa dalam proses pembelajaran ditemukan beberapa permasalahan. Peserta didik kurang memahami pemecahan masalah dalam pembelajaran matematika, karena pembelajaran masih terpusat pada guru dan peserta didik kurang dilibatkan dalam pembelajaran. Kondisi demikian kurangnya kemampuan peserta didik dalam memecahkan permasalahan matematis. Rumusan masalah yang dikemukakan adalah apakah metode pembelajaran Improve berbantu media permainan matematika maju mundur berpengaruh terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis pada peserta didik kelas II MIN 6 Bandar Lampung. Penelitian ini merupakan penelitian Kualitatif Quasi Eksperimen. Penelitian ini menggunakan 2 kelas, kelas II B sebagai kelas Eksperimen dan kelas II C sebagai kelas Kontrol. Alat pengumpulan data menggunakan tes dan dokumentasi. Berdasarkan perhitungan diperoleh thitung = 3,253 dan t(0,025;58) = 1,645 sehingga thitung > t(0,025;58) maka H0 ditolak, dapat disimpulkan bahwa Metode IMPROVE berbantu media permaian maju mundur berpengaruh terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik Kata Kunci : Metode Pembelajaran Improve, Media Permainan Matematika Maju Mundur Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 19 Dec 2017 01:04
Last Modified: 19 Dec 2017 01:04
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/2660

Actions (login required)

View Item View Item