PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) TERHADAP HASIL BELAJAR PPKN KELAS IV MIN 11 BANDAR LAMPUNG

Luciana, Devi (2017) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) TERHADAP HASIL BELAJAR PPKN KELAS IV MIN 11 BANDAR LAMPUNG. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of skripsi_lengkap_devi_luciana.pdf] PDF
Download (15MB)

Abstract

Model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) merupakan jenis pembelajaran kooperatif yang dirancang untuk mempengaruhi pola interaksi peserta didik dan sebagai alternatif terhadap struktur kelas tradisional. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah apakah ada pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) terhadap hasil belajar PPKn kelas IV MIN 11 Bandar Lampung. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) terhadap hasil belajar PPKn kelas IV MIN 11 Bandar Lampung. Jenis penelitian ini merupakan penelitian adalah kuantitatif metode penelitian Quasi eksperimen dengan melibatkan dua kelas yaitu kelas eksperimen yang menggunakan model pembelajaran Numbered Heads Together (NHT) dan kelas kontrol menggunakan model Small Group Discussion (SGD). Desain penelitiannya adalah The Matching Only Pretest-Posttest control group design. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan cara simple random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan tes hasil belajar dan dokumentasi. Instrumen penelitian menggunakan tes pilihan ganda yang sesuai dengan indikator dan lembar dokumentasi dan daftar dokumentasi. Uji prasyarat analisis menggunakan uji normalitas dan homogenitas. Teknik analisis data yang digunakan uji-t. Berdasakan hasil penelitian yang telah dilakukan, dengan menggunakan program SPSS v. 20 For Windows nilai rata-rata hasil belajar dengan menggunakan model Numbered Heads Together (NHT) lebih tinggi dibandingkan dengan menggunakan model Small Group Discussion (SGD) hal ini terlihat pada hasil nilai rata-rata kelas ekperimen 86,8 dan kelas kontrol 72,27. Hasil menggunakan uji t independent dengan taraf sinifikan α : 0,05 (5%) diperoleh hasil Sig.2 tailed sebesar 0.000. Dengan demikian apabila nilai Sig α maka H1 diterima dan H0 ditolak). Jadi dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran kooperatiftipe Numbered Heads Together (NHT) terhadap hasil belajar PPKn MIN 11 Bandar Lampung. Kata Kunci: Model pembelajaran, kooperatif, Numbered Heads Together (NHT), hasil belajar, PPKn

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 19 Dec 2017 00:45
Last Modified: 19 Dec 2017 00:45
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/2655

Actions (login required)

View Item View Item