PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TALKING STICK TERHADAP AKTIVITAS BELAJAR IPA KELAS V MIN 6 BANDAR LAMPUNG

Sari, Linda (2017) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TALKING STICK TERHADAP AKTIVITAS BELAJAR IPA KELAS V MIN 6 BANDAR LAMPUNG. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of skripsi_lengkap_linda_sari.pdf] PDF
Download (9MB)

Abstract

Berdasarkan prasurvey di MIN 6 Bandar Lampung, aktivitas belajar peserta didik masih rendah. Hal ini disebabkan oleh berbagai faktor, salah satunya yaitu pembelajaran yang berpusat pada guru mengakibatkan peserta didik kurang aktif dan terlibat lebih mendalam saat proses pembelajaran. Untuk mengatasi masalah tersebut, peneliti menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Talking Stick di dalam proses pembelajaran IPA. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Talking Stick terhadap aktivitas belajar IPA kelas V MIN 6 Bandar Lampung. Jenis penelitian ini merupakan penelitian eksperimen yang melibatkan dua kelas yaitu kelas eksperimen yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Talking Stick dan kelas kontrol menggunakan model pembelajan kooperatif tipe Snowball Throwing. Desain penelitiannya adalah The Matching Posttest Control Group Design, Populasi penelitian ini adalah seluruh kelas V MIN 6 Bandar Lampung. Sampel penelitian adalah kelas VA sebagai kelas eksperimen berjumlah 27 peserta didik dan kelas VB sebagai kelas kontrol berjumlah 27 peserta didik. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan cara Simple Random Sampling yaitu untuk memilih kelas secara acak yang berfungsi sebagai kelas eksperimen dan kelas kontrol. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji normalitas, uji homogenitas dan uji t independent. Berdasarkan hasil analisis data penelitian menunjukkan bahwa rata-rata aktivitas belajar pada kelas eksperimen 82,77 dan pada kelas kontrol 74,85. Hasil uji t independent dengan taraf signifikan = 0,05 diperoleh hasil bahwa thitung > ttabel yaitu 4,049 > 2,007 hal tersebut bahwa H0 ditolak dan H1 diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Talking Stick terhadap aktivitas belajar IPA kelas V MIN 6 Bandar Lampung. Kata Kunci: pembelajaran kooperatif, Talking Stick, aktivitas belajar IPA.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 18 Dec 2017 02:38
Last Modified: 18 Dec 2017 02:38
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/2649

Actions (login required)

View Item View Item