ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS PESERTA DIDIK MELALUI METODE PEMBELAJARAN THINKING ALOUD PAIR PROBLEM SOLVING (TAPPS) DI KELAS X SMA N 1 KARYA PENGGAWA PESISIR BARAT

Pramita, Berti (2017) ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS PESERTA DIDIK MELALUI METODE PEMBELAJARAN THINKING ALOUD PAIR PROBLEM SOLVING (TAPPS) DI KELAS X SMA N 1 KARYA PENGGAWA PESISIR BARAT. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of SKRIPSI_PDF.pdf] PDF
Download (2MB)

Abstract

Tujuan penelitian adalah untuk menganalisis kemampuan berpikir kreatif peserta didik melalui Metode Pembelajaran TAPPS. Metode yang digunakan adalah deskriptif kualitatif, yaitu penelitian yang berusaha untuk mendeskripsikan suatu gejala peristiwa secara sistematis mengenai fakta-fakta dan sifat-sifat populasi atau daerah tertentu. Pemilihan subjek dalam penelitian ini menggunakan purposive sampling (sampel tujuan). Dalam penelitian ini penulis menggunakan 6 orang peserta didik yang nantinya akan dikelompok berpasangan sebagai subjek penelitian. analisis data menggunakan triangulasi teknik. Berdasarkan analisis data diperoleh bahwa (1) Peserta didik RT pada saat pelaksanaan Metode Thinking Aloud Pair Problem Solving (TAPPS) memang nampak lebih aktif dan selalu menyelesaikan soal dengan banyak gagasan, memberikan banyak cara dan selalu memikirkan lebih dari satu cara. Selain itu, peserta didik juga mampu menyelesaikan soal dari hasil pemikirannya sendiri. (2) Peserta didik RS pada saat pelaksanaan Metode Thinking Aloud Pair Problem Solving (TAPPS) memang nampak cukup aktif dan selalu menyelesaikan soal dengan jawaban tunggal, tidak memberikan banyak cara dan tidak selalu memikirkan lebih dari satu jawaban. Namun peserta didik masih mampu menyelesaikan soal dari hasil pemikirannya sendiri. (3) Peserta didik RD pada saat pelaksanaan Metode Thinking Aloud Pair Problem Solving (TAPPS) memang nampak tidak aktif dan pemalu, untuk menyelesaikan soal dengan banyak gagasan bisa dikatakan belum bisa. Selain itu, peserta didik juga belum mampu menyelesaikan soal dari hasil pemikirannya sendiri. Kata Kunci : Kemampuan berpikir kreatif matematis, Metode Pembelajaran Thinking Aloud Pair Problem Solving (TAPPS

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 14 Dec 2017 07:29
Last Modified: 14 Dec 2017 07:29
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/2631

Actions (login required)

View Item View Item