KORELASI KETAATAN IBADAH DENGAN PERILAKU SOSIAL PESERTA DIDIK MADRASAH ALIYAH (MA) AL-HIKMAH BANDAR LAMPUNG

Nursumari, Achmad (2017) KORELASI KETAATAN IBADAH DENGAN PERILAKU SOSIAL PESERTA DIDIK MADRASAH ALIYAH (MA) AL-HIKMAH BANDAR LAMPUNG. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of skripsi_lengkap_sumari.pdf] PDF
Download (4MB)

Abstract

Kedudukan manusia dalam beribadah adalah untuk mematuhi, mentaati, dan melaksanakan dengan penuh ketundukan pada Allah SWT. sebagai bukti dan pengabdian dan rasa terimakasih kepada-Nya. Hal demikian dilakukan sebagai praktek dari makna Islam, yaitu berserah diri, patuh, dan tunduk guna mendapatkan kedamaian dan keselamatan. Ibadah yang dilakukan seseorang akan berdampak pada perilaku sosialnya, semakin taat seseorang itu beribadah maka semakin bagus perilaku sosialnya. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimana ketaatan ibadah peserta didik di MA Al-Hikmah Bandar Lampung, Bagaimana perilaku sosial peserta didik di MA Al-Hikmah Bandar Lampung, Adakah korelasi antara ketaatan beribadah dengan perilaku sosial peserta didik di MA Al-Hikmah Bandar Lampung Oleh sebab itu tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui ketaatan ibadah dan perilaku sosial peserta didik, serta korelasi antara ketaatan ibadah dengan perilaku sosial peserta didik di MA Al-Hikmah Bandar Lampung. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode asosiatif. Sumber data yang diperoleh berupa data primer. Adapun teknik pengumpulan data berupa quisioner. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 306 responden dan sampel dalam penelitian ini berjumlah 50 responden menggunakan tehnik penentuan sampel dengan cara purposive sampling. Adapun proses analisis data menggunakan analisis regresi sederhana, dengan ketaatan ibadah sebagai variabel bebas atau independen dan perilaku sosial sebagai variabel terikat atau dependen. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan penulis, hasil pengujian hipotesis ketaatan ibadah menunjukkan nilai t hitung sebesar 9,294 atau positif dengan taraf signifikan 0,000. Maka t hitung > t tabel (9,294 > 2,021 dan taraf signifikan kurang dari 0,05 (0,000 < 0,05), yang berarti bahwa hipotesis dalam penelitian ini menoloak Ho dan menerima Ha, artinya ada korelasi yang signifikan antara ketaatan ibadah dengan perilaku sosial peserta didik. Melalui hasil perhitungan yang telah dilakukan hingga diperoleh nilai regresi linier Y=4,014+0,747X, sig.level 0,000 <0,05 (nilai alfa), maka kesimpulannya terdapat korelasi antara ketaatan ibadah dengan perilaku sosial peserta didik berdasarkan output yang diperoleh nilai R2 (R Square) sebesar 0,643 (0,802 x 0,802) atau 64,3%. Penulis memberikan saran kepada pihak madrasah agar senantiasa meningkatkan ketaatan ibadah peserta didik dengan program-program keagamaan dan dapat lebih menanamkan suri tauladan yang baik kepada peserta didik. Kata kunci: korelasi ketaatan ibadah dengan perilaku sosial peserta didik.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Agama islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama islam
Depositing User: Users 516 not found.
Date Deposited: 14 Dec 2017 03:48
Last Modified: 14 Dec 2017 03:48
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/2628

Actions (login required)

View Item View Item