EFEKTIVITAS KONSELING SEBAYA DENGAN TEKNIK REWARD DAN PUNISHMENT PADA EKSTRAKURIKULER PRAMUKA DALAM MENINGKATKAN KEDISIPLINAN PESERTA DIDIK DI SMA NEGERI 9 BANDAR LAMPUNG TAHUN PELAJARAN 2016/2017

Andika, Yuli (2017) EFEKTIVITAS KONSELING SEBAYA DENGAN TEKNIK REWARD DAN PUNISHMENT PADA EKSTRAKURIKULER PRAMUKA DALAM MENINGKATKAN KEDISIPLINAN PESERTA DIDIK DI SMA NEGERI 9 BANDAR LAMPUNG TAHUN PELAJARAN 2016/2017. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of SKRIPSI_ANDIKA.pdf] PDF
Download (1MB)

Abstract

Konseling Sebaya merupakan layanan yang dapat memberikan efek positif. Individu yang memiliki kedisipinan rendah biasanya cenderung kurang mematuhi peraturan serta tata tertib sekolah. Berdasarkan hasil observasi, wawancara dan penyebaran kuesioner kedisiplinan menunjukan bahwa, peserta didik masih memiliki kedisiplinan rendah. Dari permasalahan tersebut peneliti mencoba menerapkan layanan konseling sebaya dengan teknik reward dan punishment terhadap peserta didik yang memiliki kedisiplinan rendah. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui efektifitas konseling sebaya dengan teknik reward dan punishment terhadap kedisiplinan peserta didik di SMA N 9 Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2016/2017. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan menggunakan pre-eksperimental designs dengan desain penelitian one-group pretest-posttest design. Subyek penelitian ini adalah peserta didik di SMA N 9 Bandar Lampung yang masuk dalam kriteria kedisiplinan rendah. Kemudian didapatkan 10 sampel dengan menggunakan teknik purposiv sampling untuk menangani peserta didik tersebut. Hasil rata-rata skor kedisiplinan sebelum mengikuti layanan konseling sebaya dengan teknik reward dan punishment adalah 95,14 dan setelah mengikuti layanan konseling sebaya dengan teknik reward dan punishment meningkat menjadi 136,42. Dari hasil uji-t dengan derajat kebebasan df = 13 dengan taraf signifikan α= 0.05 sebesar 2.160. karena thitung < dari ttabel (-9.329 < 2.160), maka Ho ditolak dan Ha diterima yang berarti penerapan layanan konseling sebaya dengan teknik reward dan punishment efektif terhadap kedisiplinan peserta didik di SMA N 9 Bandar Lampung. Saran yang diajukan peneliti yaitu kepada guru bimbingan konseling diharapkan dapat melatih peserta didik dengan pelaksanaan layanan bimbingan konseling untuk mengatasi permasalahan peserta didik,terutama kedisiplin. Kata Kunci: Konseling Sebaya, Teknik Reward dan Punishment, Pramuka, Kedisiplinan

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Bimbingan Konseling
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Bimbingan Konseling
Depositing User: Users 516 not found.
Date Deposited: 14 Dec 2017 02:54
Last Modified: 14 Dec 2017 02:54
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/2624

Actions (login required)

View Item View Item