PENGGUNAAN GENOGRAM UNTUK MEMBANTU MENINGKATKAN PERENCANAAN KARIER PESERTA DIDIK KELAS XI MELALUI LAYANAN BIMBINGAN KONSELING KARIER DI SMA AL-AZHAR 3 BANDAR LAMPUNG TAHUN PELAJARAN 2016/2017

Rosita, Dewi (2017) PENGGUNAAN GENOGRAM UNTUK MEMBANTU MENINGKATKAN PERENCANAAN KARIER PESERTA DIDIK KELAS XI MELALUI LAYANAN BIMBINGAN KONSELING KARIER DI SMA AL-AZHAR 3 BANDAR LAMPUNG TAHUN PELAJARAN 2016/2017. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of Skripsi_Full.pdf] PDF
Download (73MB)

Abstract

Permasalahan karier berkaitan erat dengan masa depan setiap peserta didik, sebuah pengharapan agar dapat menjalani masa depan dengan lebih baik. Keberadaan layanan Bimbingan Konseling karir di sekolah berperan membantu peserta didik untuk mengetahui berbagai informasi, mengajak peserta didik untuk tidak ragu-ragu dalam perencanaan dan menentukan karier ke depannya. Di dalam perencanaan karier terdapat pengaruh dari orang lain yang berarti. Orang yang sangat berarti itu terutama berpengaruh terhadap individu dalam mengidentifikasi perencanaan karier. Orang yang dimaksud yaitu Guru, teman sebaya dan orang tua. Dengan adanya informasi tentang pengaruh keluarga dalam membuat perencanaan dan keputusan karier dapat diperoleh melalui genogram. Melalui layanan Bimbingan Konseling Karier dengan penggunaan genogram diharapkan agar peserta didik mampu membuat perencanaan karier dengan meninjau latar belakang karier keluarganya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan layanan bimbingan konseling karier dengan penggunaan genogram untuk membantu meningkatkan perencanaan karier peserta didik di SMA Al-Azhar 3 Bandar Lampung. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi digunakan untuk mengidentifikasi peserta didik kelas XI yang memiliki tingkat perencanaan karier rendah. Hasil penelitian menunjukan proses layanan bimbingan konseling karir yang dilakukan guru BK terlaksana dengan baik. Dapat terlihat dari perencanaan karier peserta didik yang awalnya rendah, ada peserta didik yang bingung belum mengetahui rencana setelah lulus dan masih kurang pengetahuan tentang informasi karier serta dalam pemilihan studi lanjut masih dipengaruhi orang lain, setelah diberikan layanan perencanaan karier peserta didik meningkat. Tehnik genogram dilakukan melalui layanan konseling karier. Pelaksanaan konseling karier dengan penggunaan genogram ditempuh melalui 3 tahapan yaitu membuat konstruksi genogram, mengidentifikasi jabatan yang ditunjukan dalam genogram, dan mengeksplorasi individu-individu yang dinyatakan dalam genogram. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan genogram melalui layanan bimbingan konseling karier dapat meningkatkan perencanaan karier peserta didik. Kata Kunci: Genogram, Layanan BK Karier, Perencanaan karier

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Bimbingan Konseling
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Bimbingan Konseling
Depositing User: Users 516 not found.
Date Deposited: 12 Dec 2017 08:02
Last Modified: 12 Dec 2017 08:02
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/2616

Actions (login required)

View Item View Item