UPAYA GURU MELATIH KEMANDIRIAN ANAKDI KELOMPOK B3 TK DHARMA WANITA PERSATUAN SERDANG KECAMATAN TANJUNG BINTANG LAMPUNG SELATAN

Anggraeni, Dyannita (2017) UPAYA GURU MELATIH KEMANDIRIAN ANAKDI KELOMPOK B3 TK DHARMA WANITA PERSATUAN SERDANG KECAMATAN TANJUNG BINTANG LAMPUNG SELATAN. Undergraduate thesis, IAIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of Skripsi_Dyannita_Anggraeni_1211070032.pdf]
Preview
PDF
Download (3MB) | Preview

Abstract

Kemandirian berarti kemampuan seseorang untuk melakukan, dan merasakan sesuatu untuk mengatasi masalah, mengerjakan tugas, melakukan kemampuan fisik dan mengambil keputusan dengan tingkat kemampuan yang tinggi Maka, kemandirian memang sangat penting dimiliki oleh setiap anak karena dengan anak mempunyai sikap mandiri akan membantu anak untuk menyelesaikan tugas-tugasnya dengan sendiri. Untuk itu permasalahan yang di angkat dalam penelitian ini adalah upaya guru melatih kemandirian anak. Penelitian ini bertempat di TK Dharma Wanita Persatuan Serdang Kecamatan Tanjung Bintang Lampung Selatan. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah : “Bagaimana Upaya Guru dalam Melatih Kemandirian Anak di Kelompok B3 TK Dharma Wanita Persatuan Serdang Kecamatan Tanjung Bintang Lampung Selatan, dan Apa Saja Faktor Pendukung dan Penghambat Guru dalam Melatih Kemandiran Anak di Kelompok B3 TK Dharma Wanita Persatuan Serdang Kecamatan Tanjung Bintang Lampung Selatan?”. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui bagaimana upaya guru dan apa saja faktor pendukung dan penghambat dalam melatih kemandirian anak. Jenis penelitian ini adalah deskriptif-kualitatif, dengan subjek dan objek penelitian adalah guru dan peserta didik kelompok B3 TK Dharma Wanita Persatuan Serdang dengan jumlah 19 peserta didik dan jumlah guru 1 orang. Alat pengumpulan data yang penulis gunakan yaitu : observasi, wawancara, dan dokumentasi. Untuk menganalisa hasil penelitian penulis menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan dengan cara induktif. Dapat penulis simpulkan bahwa upaya guru mempersiapkan strategi yaitu mempersiapkan RPPH dan media yang menarik. Guru selalu mengintegrasikan setiap kegiatan pembelajaran dengan kemandirian, dan menciptakan suasana belajar yang menarik. Serta, faktor pendukung melatih kemandirian anak adalah kurikulum TK, semangat dan kesadaran guru sangat tinggi, dan sarana prasarana yang sudah memadai untuk melatih kemandiran. Demikian upaya guru melatih kemandirian anak di kelompok B3 TK Dharma Wanita Persatuan Serdang sudah maksimal. Kata Kunci : Upaya Guru, Kemandirian dan AUD

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects:
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: ADMINLIB PERPUSTAKAAN
Date Deposited: 06 Mar 2017 08:00
Last Modified: 06 Mar 2017 08:00
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/261

Actions (login required)

View Item View Item