PENGARUH KONSELING INDIVIDU DENGAN TEKNIK SELFMANAGEMENT TERHADAP KEDISIPLINAN PESERTA DIDIK KELAS VIII DI SMP WIYATAMA BANDAR LAMPUNG TAHUN AJARAN 2017/2018

Khotimah, Binti Khusnul (2017) PENGARUH KONSELING INDIVIDU DENGAN TEKNIK SELFMANAGEMENT TERHADAP KEDISIPLINAN PESERTA DIDIK KELAS VIII DI SMP WIYATAMA BANDAR LAMPUNG TAHUN AJARAN 2017/2018. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of SKRIPSI_LENGKAP_BINTI.pdf] PDF
Download (17MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh adanya peserta didik yang mengalami masalah kedisiplinan rendah yakni peserta didik yang kurang mentaati peraturan di sekolah dengan gejala yang ditandai seperti datang kesekolah tidak tepat waktu, meninggalkan sekolah tanpa izin, dan tidak memakai seragam dan atribut sesuai dengan ketentuan. Perilaku tersebut menunjukkan dan terlihat melalui perilaku peserta didik yang melakukan pelanggaran tata tertib sekolah. Sehingga perlu dilakukan penelitian dengan judul pengaruh konseling individu dengan teknik selfmanagement terhadap kedisiplinan peserta didik kelas VIII SMP Wiyatama Bandar Lampung tahun pelajaran 2017/2018. Adapun tujuan penelitian ini untuk melihat pengaruh treatment yang diberikan terhadap kedisiplinan peserta didik. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif experimen dengan metode design one group pretest – posttest. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah 2 peserta didik dari kelas VIII SMP Wiyatama Bandar Lampung yang teridentifikasi memiliki kedisiplinan dalam kategori rendah. Teknik selfmanagement dilakukan sebanyak 4 kali. Subyek diobservasi dua skali (Pre-Test dan Post-Test). Teknik pengumpulan data dengan menggunakan wawancara, angket, dan observasi. Hasil rata-rata skor kedisiplinan sebelum mengikuti konseling individu dengan teknik self-management adalah 46,50 dan setelah mengikuti konseling individu dengan teknik self-management meningkat menjadi 81,50. Berdasarkan hasil pengujian thitung = 22,136 pada derajat kebebasan (df) 1, kemudian dibandingkan dengan ttabel 0.05 = 6,314 dengan ketentuan harga thitung lebih besar dari ttabel (22,136 ≥ 6,314), maka Ha diterima dan Ho ditolak, jadi dapat disimpulkan bahwa konseling individu dengan teknik self-management berpengaruh terhadap kedisiplinan peserta didik kelas VIII SMP Wiyatama Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2017/2018.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Bimbingan Konseling
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Bimbingan Konseling
Depositing User: ADMINLIB PERPUSTAKAAN
Date Deposited: 14 Dec 2017 01:29
Last Modified: 14 Dec 2017 01:29
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/2605

Actions (login required)

View Item View Item