PENERAPAN METODE KISAH PADA PEMBELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM DI KELAS III MIN 8 BANDAR LAMPUNG

Sari, Evi Yuliana (2017) PENERAPAN METODE KISAH PADA PEMBELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM DI KELAS III MIN 8 BANDAR LAMPUNG. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of Skripsi_Full.pdf] PDF
Download (69MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan perencanaan pembelajaran, pelaksanaan dan penilaian pembelajaran dengan metode kisah pada pembelajaran sejarah kebudayaan Islam. Jenis penelitian menggunakan deskriptif kualitatif. Metode pengambilan data menggunakan metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Penelitian yang telah dilakukan di kelas III MIN 8 Bandar Lampung . Analisis data adalah deskriptif kualitatif. Berdasarkan hasil penelitan bahwa perencanaan metode kisah pada pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di kelas III MIN 8 Bandar Lampung yaitu guru mempersiapkan Sibalus pembelajaran, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), memberikan motivasi kepada siswa, mengatur posisi tempat duduk siswa, mempersiapkan kisah, membawa kisah dengan alur cerita harus memperhatikan intonasi sehingga siswa mampu menghayati dalam bercerita. Pelaksanaan pembelajaran dengan metode kisah pada pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di kelas III MIN 8 Bandar Lampung terdapat langkahlangkah pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam yaitu guru melakukan kegiatan awal meliputi apresiasi, tujuan dan tema cerita, mengatur tempat duduk, melaksanakaan kegiatan pembukaan, guru melakukan kegiatan inti meliputi eksplorasi, elaborasi dan konfirmasi. Guru melakukan kegiatan penutup yang meliputi refleksi dan menyimpulkan kegiatan. Penilaian pembelajaran dengan metode Kisah pada pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di kelas III MIN 8 Bandar Lampung menggunakan jenis instrumen penilaian dapat berupa tes lisan secara klasikal dan tes tertulis berupa soal essay, aspek yang dinilai berupa aspek kognitif, hasil penilaian siswa mendapatkan nilai-nilai yang bagus atau tuntas, tetapi ada beberapa siswa yang tidak tuntas nilai hasil belajar, penilaian diperoleh dari berupa hasil Lembar Kerja Peserta Didik atau LKPD, dan daftar nilai siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: ADMINLIB PERPUSTAKAAN
Date Deposited: 12 Dec 2017 02:53
Last Modified: 12 Dec 2017 02:53
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/2603

Actions (login required)

View Item View Item