PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERNUANSA ISLAMI MELALUI PENDEKATAN INKUIRI TERBIMBING PADA POKOK BAHASAN HIMPUNAN

Diana, Mulia (2017) PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERNUANSA ISLAMI MELALUI PENDEKATAN INKUIRI TERBIMBING PADA POKOK BAHASAN HIMPUNAN. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of Skripsi_Full.pdf]
Preview
PDF
Download (75MB) | Preview

Abstract

Matematika merupakan suatu sarana berpikir untuk mengkaji sesuatu secara logis, kritis, rasional dan sistematis serta melatih peserta didik agar terbiasa dalam memecahkan suatu masalah yang ada di sekitarnya. Namun pada kenyataannya menunjukkan bahwa dalam proses pembelajaran, bahan ajar yang digunakan belum melatih peserta didik dalam melakukan suatu penemuan dan peserta didik kurang berperan aktif dalam proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan bahan ajar berupa modul pembelajaran matematika bernuansa Islami melalui pendekatan inkuiri terbimbing pada pokok bahasan himpunan. Metode penelitian ini adalah Research and Development (R&D) berdasarkan modifikasi yang dikembangkan oleh Sugiyono. Tahapan yang dilakukan hanya tahap 1 hingga tahap 7 yaitu dari potensi dan masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi produk, revisi produk, uji coba produk, revisi produk. Instrumen yang digunakan berupa kriteria penilaian untuk mengetahui kelayakan modul pembelajaran matematika, mengetahui respon pendidik bidang studi matematika dan peserta didik dengan menggunakan skala likert dengan lima penilaian disusun dalam bentuk ceklis. Analisis data yang dilakukan yaitu mengumpulkan data kualitatif dari dosen ahli materi, ahli media, ahli bahasa, ahli agama Islam, respon pendidik bidang studi matematika dan respon peserta didik kelas VII MTs. Berdasarkan validasi ahli materi diperoleh hasil 85,22%, ahli media diperoleh 88,18%, ahli bahasa diperoleh 80,95%, ahli agama Islam diperoleh 83,08% dengan demikian produk yang dikembangkan dinyatakan layak untuk digunakan. Setelah dilakukan validasi produk oleh dosen ahli kemudian produk diujicobakan dengan pendidik bidang studi matematika dan peserta didik. Respon pendidik bidang studi matematika diperoleh persentase 85,49% dengan kriteria “Sangat Menarik”, untuk mengetahui respon peserta didik terhadap modul yang dikembangkan dilakukan uji coba luas ke peserta didik, dengan hasil respon peserta didik menunjukkan persentase 88,99% dengan kriteria “Sangat Menarik”. Dengan demikian modul yang dikembangkan sangat menarik dan layak untuk digunakan dalam proses pembelajaran. Kata Kunci : Modul Islami, Pengembangan, Inkuiri Terbimbing

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 08 Dec 2017 06:56
Last Modified: 08 Dec 2017 06:56
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/2590

Actions (login required)

View Item View Item