PENGARUH KETERAMPILAN DASAR KONSELING DENGAN TEKNIK SELF MENEGEMENT TERHADAP PERILAKU MEMBOLOS PESERTA DIDIK DI MTS MUHAMMADIYAH BANDAR LAMPUNG TAHUN AJARAN 2017/2018

Mili, Arda (2017) PENGARUH KETERAMPILAN DASAR KONSELING DENGAN TEKNIK SELF MENEGEMENT TERHADAP PERILAKU MEMBOLOS PESERTA DIDIK DI MTS MUHAMMADIYAH BANDAR LAMPUNG TAHUN AJARAN 2017/2018. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of Skripsi_Full.pdf]
Preview
PDF
Download (63MB) | Preview

Abstract

Membolos merupakan masalah perilaku negatif yang menyimpang yang dilakukan peserta didik berupa tidak masuk sekolah, membolos atau pulang sekolah sebelum waktunya, dan sering keluar kelas pada jam pelajaran. Kenyataan yang ada pada peserta didik kelas VIII MTs Muhammadiyah Bandar Lampung menunjukkan terdapat peserta didik yang membolos. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui apakah teknik keterampilan dasar konseling dengan teknik self menegemnent berpengaruh terhadap perilaku membolos peserta didik di kelas VIII MTs Muhammadiyah Bandar Lampung. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian pre eksperimen dengan desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah one group pretest-posttest design. Sampel dalam penelitian berjumlah 10 peserta didik kelas di kelas VIII MTs Muhammadiyah Bandar Lampung tahun ajaran 2017/2018 yang pernah melakukan perilaku membolos. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode observasi, kuisioner, wawancara, dan dokumentasi sebagai teknik pendukung. Hasil analisis data menunjukkan bahwa terdapat pengaruh keterampilan dasar konseling dengan teknik self menegement terhadap perilaku membolos peserta didik di sekolah. Hal ini ditunjukkan dari pengujian hipotesis dengan menggunakan uji t (ttest), dari hasil pretest dan posttest yang diperoleh 14,872 ≥ttabel 0,05 = 2,262, df=n-1= 10-1=9 dengan demikian maka Ho ditolak dan Ha diterima yang bermakna teknik keterampilan dasar konseling berpengaruh dalam mengurangi perilaku membolos peserta didik. saran yang diajukan peneliti yaitu kepada guru pembimbing perlu menindak lanjuti jika terdapat peserta didik yang mengalami hambatan seperti kelima indikator tersebut, karena hal ini dapat mempengaruhi peserta didik dalam proses peserta didik berintraksi serta belajar mengajar, dengan dapat menerapkan layanan konseling kelompok. Kata Kunci: keterampilan dasar konseling, perilaku membolos.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Bimbingan Konseling
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Bimbingan Konseling
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 08 Dec 2017 03:50
Last Modified: 08 Dec 2017 03:50
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/2574

Actions (login required)

View Item View Item