PENERAPAN METODE YANBU’A DALAM MENINGKATKAN KEMAHIRAN MEMBACA AL-QUR’AN PESERTA DIDIK KELAS V MI AL-HIKMAH WAY HALIM KEDATON BANDAR LAMPUNG

Riyadi, Amir (2017) PENERAPAN METODE YANBU’A DALAM MENINGKATKAN KEMAHIRAN MEMBACA AL-QUR’AN PESERTA DIDIK KELAS V MI AL-HIKMAH WAY HALIM KEDATON BANDAR LAMPUNG. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of SKRIPSI_AMIR_RIYADI.pdf]
Preview
PDF
Download (6MB) | Preview

Abstract

Metode yanbu’a adalah suatu metode pembelajaran membaca, menulis dan menghafal Al-Qur’an yang di susun sistematis terdiri dari 7 jilid, cara membacanya langsung tidak mengeja, cepat, tepat, benar dan tidak putus-putus sesuai dengan makhorijul huruf dan ilmu tajwid. Pembelajaran mata pelajaran Al-Qur’an Hadits di kelas V MI Al-Hikmah Way Halim Kedaton Bandar Lampung didominasi dengan metode ceramah dan pemberian tugas. Menyikapi permasalahan tersebut, perlu diterapkan metode yang lebih tepat salah satunya adalah metode Yanbu’a. Rumusan masalah yang diajukan adalah “Apakah penerapan metode Yanbu’a dapat meningkatkan kemahiran membaca Al-Qur’an peserta didik kelas V MI Al-Hikmah Way Halim Kedaton Bandar Lampung”?. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan metode Yanbu’a dalam meningkatkan kemahiran membaca Al-Qur’an peserta didik kelas V MI Al-Hikmah Way Halim Kedaton Bandar Lampung. Hipotesis tindakan yang diajukan adalah ”Penerapan metode Yanbu’a dapat meningkatkan kemahiran membaca Al-Qur’an peserta didik kelas V MI Al- Hikmah Way Halim Kedaton Bandar Lampung”. Penelitian yang penulis lakukan ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis Penelitian Tindakan Kelas. Urutan kegiatan penelitian mencakup perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Dalam pengumpulan data, penulis menggunakan metode observasi, pengukuran tes hasil belajar dan dokumentasi. Sedangkan untuk analisisnya digunakan teknik analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode Yanbu’a dapat meningkatkan kemahiran membaca Al-Qur’an peserta didik kelas V MI Al-Hikmah Way Halim Kedaton Bandar Lampung. Indikasi peningkatan dapat dilihat dari pelaksanaan tindakan dimana pada saat pre test dari 30 orang yang kemahiran membaca Al-Qur’an tinggi berjumlah 7 orang atau 23.3 %. Kemudian meningkat pada siklus I dari 30 orang yang kemahiran membaca Al-Qur’an tinggi berjumlah 17 orang atau 56, 7 %. Kemudian meningkat pada siklus II dari 30 orang yang kemahiran membaca Al-Qur’an tinggi berjumlah 27 orang atau 90, 0 %.Dengan demikian indikator keberhasilan yang ditetapkan yaitu apabila 80 % kemampuan membac Al-Qur’an peserta didik masuk kategori tinggi ( T ) dapat tercapai. Kata Kunci: Metode Yanbu’a Dan Hasil Belajar Al-Qur’an Hadits

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Agama islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 05 Dec 2017 03:12
Last Modified: 05 Dec 2017 03:12
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/2550

Actions (login required)

View Item View Item