HUBUNGAN KEMAMPUAN GERAK BODY-KINESTHETIC FISIK (MULTIPLE INTELLIGENCES) DENGAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN BIOLOGI DI SMA NEGERI 2 BANDAR LAMPUNG

pratama, Riandy (2017) HUBUNGAN KEMAMPUAN GERAK BODY-KINESTHETIC FISIK (MULTIPLE INTELLIGENCES) DENGAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN BIOLOGI DI SMA NEGERI 2 BANDAR LAMPUNG. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of skripsi.pdf]
Preview
PDF
Download (11MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif yang bertujuan untuk (1) mengetahui hubungan antara siswa yang memiliki kemampuan gerak kinestetik terhadap hasil belajar mata pelajaran Biologi (2) mengetahui perbedaan nilai siswa berdasarkan indikator kinestetik. Metode penelitian yang digunakan adalah metode korelasional menggunakan 1 kelas sebagai kelas ekperimen serta menggunakan Rumus product moment sebagai uji korelasional. Penelitian ini dilaksanakan pada tanggal 29 Mei s/d 10 juni 2017 sampel yang diambil dikelas XI MIPA I SMAN 2 Bandar Lampung dengan teknik sempel adalah Purposive Sampling. XI MIPA I memiliki kecerdasan yang berbeda dan keinginan menjadi mahasiswa dengan jurusan yang butuh kemampuan kinestetik dan alasan peneliti mengapa memilih SMAN 2 Bandar Lampung sebagai lokasi penelitian karena Misi SMAN 2 Bandar Lampung yaitu mengembangkan potensi atau kecerdasan peserta didik Multiple Intelligences diantaranya cerdas gerak. Peneliti membuat angket berdasarkan kisi-kisi dari buku Suharsimi Arikunto peneliti membuat 45 pernyataan berdasarkan indikator kemampuan kinestetik, yang terdiri dari 5 indikator untuk dicari perbedaan nilai masing-masing indikator menggunakan Uji Anova satu jalur. Angket ini sebagai pembanding antara nilai UAS Biologi dengan Hasil Belajar Biologi. Teknik pengambilan data dengan mengambil nilai UAS Biologi XI MIPA 1 yang yang akan dianalisis. Berdasarkan analisis data menggunakan proram SPSS 16.0. data diperoleh bahwa nilai signifikasi antara kemampuan kinestetik dengan hasil belajar didapatkan bahwa i ( , ) ( , ) maka dalam hal ini Diterima, artinya ada hubungan signifikasi kemampuan kinestetik terhadap hasil belajar mata pelajaran Biologi siswa kelas XI MIPA 1 di SMAN 2 Bandar Lampung dengan interpretasi korelasi cukup berhubungan. Berdasarkan hasil analis menggunakan Anova satu jalur ternyata tidak terdapat perbedaan nilai yanga signifikan antara siswa yang memiliki kecerdasan kinestetik dengan indikator kecerdasan kinestetik. Kata kunci : Multiple Intelligences, kemampuan kinestetik, Hasil Belajar

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Biologi
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Biologi
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 05 Dec 2017 02:31
Last Modified: 05 Dec 2017 02:31
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/2543

Actions (login required)

View Item View Item