IMPLEMENTASI PENDEKATAN COGNITIVE BEHAVIOR THERAPY (CBT) DENGAN TEKNIK RESTRUKTURISASI KOGNITIF DALAM MENGELOLA KONSEP DIRI PESERTA DIDIK DI SMP NEGERI 18 BANDAR LAMPUNG TAHUN PELAJARAN 2016/2017

Andini, Romayta tri (2017) IMPLEMENTASI PENDEKATAN COGNITIVE BEHAVIOR THERAPY (CBT) DENGAN TEKNIK RESTRUKTURISASI KOGNITIF DALAM MENGELOLA KONSEP DIRI PESERTA DIDIK DI SMP NEGERI 18 BANDAR LAMPUNG TAHUN PELAJARAN 2016/2017. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of Skripsi_Full.pdf]
Preview
PDF
Download (65MB) | Preview

Abstract

Skripsi ini dibuat dengan tujuan untuk memotivasi peserta didik yang mengalami permasalahan konsep diri rendah dan pola pikir negatif. Ada satu persoalan yang dikaji dalam skripsi ini, yaitu : (1) Bagaimana Implementasi Pendekatan implementasi Cognitive Behavior Therapy Dengan Teknik Restrukturisasi Kognitif Dalam Mengelola Konsep Diri Peserta Didik di SMP N 18 Bandar Lampung. Dalam mengungkap permasalahan yang peneliti kaji, metode yang di gunakan adalah metode kualitatif, dan teknik analisanya menggunakan analisis deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi yang ada di SMP Negeri 18 Bandar Lampung. Adapun proses observasi, wawancara, dan dokumentasi melibatkan beberapa pihak di antarannya: Kepala sekolah untuk perijinan penelitian, wali kelas untuk data profil dan pribadi klien, teman-teman klien, klien dan guru Bimbingan Dan Konseling. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa Implementasi CBT dengan teknik Restrukturisasi Kognitif Dalam Mengelola Konsep Diri Peserta Didik yang rendah sangat membantu klien yang mengalami masalah tersebut, Pendekatan CBT juga membantu peserta didik agar mampu menentang pikiran negatif menuju positif. Mengacu pada tujuan teknik Restrukturisasi Kognitif adalah membantu klien belajar mengenal dan menghentikan pikiran-pikiran negatif atau merusak diri dan mengganti pikiran tersebut dengan pikiran yang lebih positif maka teknik Restrukturisasi Kognitif tersebut sangat berpengaruh dalam menangani masalah konsep diri rendah dan pola pikir negatif pada klien. Dari hasil pengumpulan data, peneliti juga mengamati proses konseling mengenai penerapan teknik Restrukturisasi Kognitif dalam menangani konsep diri rendah dan pola pikir negatif, sumber data juga mengatakan bahwa implementasi pendektan Cognitive Behavior Therapy dan teknik tersebut berjalan dengan baik dan membawakan hasil. Klien yang mengalami masalah tersebut sudah berubah. Masalah konsep diri rendah yang dialami peserta didik kelas VII.E :Tidak suka dikritik, responsif terhadap pujian, bersikap kritis, tidak mengerjakan PR, bersikap psimis, kurang tahu tentang kelebihan dan kekuranganya, sering cemas dan tertutup terhadap kritik dan lain sebagainya. Kata Kunci: Cognitive Behavior Therapy, Teknik Restrukturisasi Kognitif, Konsep Diri.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Bimbingan Konseling
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Bimbingan Konseling
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 05 Dec 2017 02:16
Last Modified: 05 Dec 2017 02:16
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/2542

Actions (login required)

View Item View Item