PENGARUH MODEL GROUP INVESTIGATION (GI) BERBASIS KASUS TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF DITINJAU DARI SIKAP ILMIAH PESERTA DIDIK KELAS X PADA MATERI PENCEMARAN LINGKUNGAN SMA NEGERI 10 BANDAR LAMPUNGPENGARUH MODEL GROUP INVESTIGATION (GI) BERBASIS KASUS TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF DITINJAU DARI SIKAP ILMIAH PESERTA DIDIK KELAS X PADA MATERI PENCEMARAN LINGKUNGAN SMA NEGERI 10 BANDAR LAMPUNG

Ulandari, Nike Jayanti (2017) PENGARUH MODEL GROUP INVESTIGATION (GI) BERBASIS KASUS TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF DITINJAU DARI SIKAP ILMIAH PESERTA DIDIK KELAS X PADA MATERI PENCEMARAN LINGKUNGAN SMA NEGERI 10 BANDAR LAMPUNGPENGARUH MODEL GROUP INVESTIGATION (GI) BERBASIS KASUS TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF DITINJAU DARI SIKAP ILMIAH PESERTA DIDIK KELAS X PADA MATERI PENCEMARAN LINGKUNGAN SMA NEGERI 10 BANDAR LAMPUNG. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of Skripsi_Full.pdf]
Preview
PDF
Download (66MB) | Preview

Abstract

Rendahnya kemampuan berpikir kreatif peserta didik karena proses pembelajaran yang belum mengembangkan kemampuan berpikir kreatif peserta didik. Oleh karena itu, penulis melakukan penelitian eksperimen untuk mengetahui (1) apakah terdapat perbedaan kemampuan berpikir kreatif peserta didik antara kelas yang menggunakan model Group Investigation (GI) berbasis kasus dengan kelas yang menggunakan model Direct Instruction (DI), (2) apakah terdapat perbedaan kemampuan berpikir kreatif menggunakan model Group Investigation (GI) berbasis kasus pada peserta didik yang memiliki sikap ilmiah tinggi, sedang, dan rendah, (3) apakah terdapat interaksi antara penggunaan model Group Investigation (GI) berbasis kasus dengan sikap ilmiah terhadap kemampuan berpikir kreatif peserta didik. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan desain faktorial 2x3. Sampel dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas X SMA Negeri 10 Bandar Lampung. Sampel yang digunakan sebanyak 6 kelas yang dipilih dengan teknik acak kelas, yaitu kelas X MIA 1, X MIA 2, X MIA 5 merupakan kelas kontrol dan kelas MIA 4, X MIA 6, X MIA 7 merupakan kelas eksperimen. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes, angket, dan dokumentasi. Pengujian hipotesis menggunakan analisis variansi dua jalan sel tak sama dengan taraf signifikasi 5%. Dari hasil analisis diperoleh Fa = 59,169 > Ftabel = 3,887 sehingga H0A ditolak, Fb = 155,602 > Ftabel = 3,040 sehingga H0B ditolak, Fab = 15,476 > Ftabel = 3,040 sehingga H0AB ditolak. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa: (1) terdapat perbedaan kemampuan berpikir kreatif peserta didik antara kelas yang menggunakan model Group Investigation (GI) berbasis kasus dengan kelas yang menggunakan model Direct Instruction (DI), (2) terdapat perbedaan kemampuan berpikir kreatif menggunakan model Group Investigation (GI) berbasis kasus pada peserta didik yang memiliki sikap ilmiah tinggi, sedang, dan rendah, (3) terdapat interaksi antara penggunaan model Group Investigation (GI) berbasis kasus dengan sikap ilmiah terhadap kemampuan berpikir kreatif peserta didik. Kata kunci : Model Group Investigation (GI), Kemampuan Berpikir Kreatif, dan Sikap Ilmiah

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Biologi
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Biologi
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 05 Dec 2017 01:50
Last Modified: 05 Dec 2017 01:50
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/2537

Actions (login required)

View Item View Item