Kepemimpinan Kepala Madrasah Dalam Meningkatkan Kinerja Guru MTS Al-Hikmah Bandar Lampung

Refliyanto , Refliyanto (2017) Kepemimpinan Kepala Madrasah Dalam Meningkatkan Kinerja Guru MTS Al-Hikmah Bandar Lampung. Masters thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of cover.pdf]
Preview
PDF
Download (283kB) | Preview
[thumbnail of Halaman_Muka.pdf]
Preview
PDF
Download (448kB) | Preview
[thumbnail of Bab_I.pdf]
Preview
PDF
Download (205kB) | Preview
[thumbnail of Bab_II.pdf]
Preview
PDF
Download (617kB) | Preview
[thumbnail of Bab_III.pdf]
Preview
PDF
Download (113kB) | Preview
[thumbnail of Bab_IV.pdf]
Preview
PDF
Download (452kB) | Preview
[thumbnail of Bab_V.pdf]
Preview
PDF
Download (125kB) | Preview
[thumbnail of DAFTAR_PUSTAKA.pdf] PDF
Restricted to Registered users only

Download (148kB)

Abstract

Kepemimpinan merupakan salah satu unsur terpenting dalam jalannya sebuah organisasi, karena maju tidaknya sebuah organisasi sangat bergantung dan ditentukan oleh pemimpinnya. Kepentingan kepemimpinan adalah tanggung jawab seseorang pemimpin untuk mampu memilih strategi agar orgnisasi dapat sukses, bertumbuh dan berhasil dalam menghadapi berbagai tantangan dan persaingan. Berdasarkan pada hasil pra survey, diketahui bahwa kepala organisasi kelembagaan di madrasah memiliki peranan sangat besar dan penting dalam memotivasi kinerja guru. Hal tersebut dapat dilihat dari hubungan yang dibangun oleh kepala madrasah selaku pimpinan dari MTs (Madrasah Tsanawiyah) Al Hikmah Way Halim cukup baik. Dalam penelitian pendahuluan tentang kepemimpinan kepala Madrasah Tasanawiyah al-Hikmah Bandar lampung, diketahui bahwa kepemimpinannya belum optimal. Namun, kinerja guru guru Madrasah Tasanawiyah al-Hikmah tersebut pada umumnya sudah cukup baik. Untuk itu, penelitian ini mengajukan rumusan masalah: ―Bagaimanakah Kepemimpinan Kepala Madrasah dalam Meningkatkan Kinerja Guru MTs al-Hikmah Bandar Lampung?‖ Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Sumber data primer dalam penelitian ini adalah kepala madarasah, wakil dan guru MTs al-Hikmah Bandar Lampung, sedangkan dokumen penunjang penelitian sebagai data skunder. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data dilakukan melalui prosedur reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan serta verifikasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kepemimpinan kepala MTs al-Hikmah dilakukan melalui kemampuannya dalam mempengaruhi guru, dalam memberi perintah kepada guru, dalam memotivasi guru, serta kemampuanya dalam menciptakan rasa percaya diri guru. Setiap tahapan tersebut dilaksanakan oleh kepala Madrasah Tsanawiyah al Hikmah, namun belum optimal. Adapun kinerja Guru MTs al-Hikmah Bandar Lampung berdasarkan analisis data, pada umumnya sudah cukup baik. Temuan penelitian menunjukkan bahwa kinerja guru MTs al-Hikmah pada umumnya cukup baik meski kepemimpinan kepala Madrasah belum optimal, disebabkan adanya nilai kepribadian yang baik, yang berupaya tidak mau menyakiti hati orang, dan yang menyebabkan ketidakoptimalan dalam kepemimpinannya. Penanaman niat untuk ibadah mengharapkan rida dari Allah SWT dalam bekerja, memeng sudah tertanam pada diri pimpinan, guru-guru, dan staf MTs al-Hikamah, sebagai cirikan organisasi yang dilingkupi oleh pesantren. Mereka tetap optimis dan bersemangat untuk meningkatkan kinerja mereka. Dan, tidak dapat dipungkiri bahwa figur Kiyai (KH. Muhammad Sobari) sebagai pimpinan yayasan Ponpes al-Hikamah yang kharismatik menampilkan visi yang kuat dan dapat mengkomunikasikan visi itu secara efektif, konsisten. Beliau mengetahui kekuatan-kekuatan sendiri dan dapat memanfaatkannya. Hal itu yang dapat menggerakkan kompetensi profesionalisme jajarannya serta kinerja para pimpinan serta guru-guru di MTs al-Hikmah.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: Manajemen Pendidikan Islam
Divisions: Pasca Sarjana > S2 Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Ms. Rohai Inah Indrakasih
Date Deposited: 06 Mar 2017 07:30
Last Modified: 06 Mar 2017 07:30
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/253

Actions (login required)

View Item View Item