MANAJEMEN PELAYANAN PUBLIK PADA KAN TOR URUSAN AGAMA KECAMATAN PADANG CERMIN KABUPATEN PESAWARAN

Rahayu, Diah (2017) MANAJEMEN PELAYANAN PUBLIK PADA KAN TOR URUSAN AGAMA KECAMATAN PADANG CERMIN KABUPATEN PESAWARAN. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of SKRIPSI_DIAH_FIX.pdf]
Preview
PDF
Download (735kB) | Preview

Abstract

Pelayanan publik dalam berbagai sektor menyangkut hak-hak dan kebutuhan dasar masih belum sesuai dengan tuntutan dan harapan masyarakat, baik secara sistem dan prosedur pelayanan yang masih kurang tranparan, kurang konsisten, serta masih adanya uknum-oknum yang tidak bertanggung jawab. Kantor urusan agama padang cermin merupakan sebuah lembaga yang diperuntukkan bagi masyarakat yang tugasnya adalah melayani masyarakat yang berhubungan dengan urusan pernikahan, perceraian, perwakafan, ibadah haji, dan lainya. Kantor urusan agama padang cermin itu sendiri bertempat di kabupaten pesawaran yang melayani tiga kecamatan sekaligus. Kantor ini melayani 3 kecamatan secara sekaligus. Hal inilah yang menarik peneliti untuk lebih jauh mengetahui kondisi pelayanan terhadap masyarakatnya, sehingga terumuslah judul tentang : “Manjemen Pelayanan Publik Pada Kantor Urusan Agama Kecamatan Padang Cermin Kabupaten Pesawaran”. Disini peneliti ingin mengetahui secara jelas bagaimana pelayanan yang dilaksakan oleh kantor KUA Kecamatan Padang Cermin Kabupaten Pesawaran untuk para Calon Pengantinsesuai dengan fungsi manajemen bagi masyarakat daerah tersebut. Adapun jenis penelitian ini yaitu penelitian lapangan sedangkan sifatnya bersifat deskripstif, Yaitu menggambarkan situasi dan kejadian-kejadian yang ada. Untuk mempermudah penelitian, peneliti menggunakan sampel objek penelitian yang jumlahnya 8 orang yang dianggap mewakili populasi yang berjumlah 31 orang. Sedangkan cara pengambilan sampel yakni dengan purposive sampling. Alat pengumpul data ( APD ) adalah dengan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi. Setelah semua data terkumpul maka dianalisis menggunakan metode induktif, yaitu cara pengambilan kesimpulan dari hal yang bersifat khusus kemudian pada hal yang bersifat umum. Dari hasil penelitian, implementasi Manajemen Pelayanan pada KUA Padang cermin bagi calon pengantin yakni dengan menggunakan fungsi manajemen mulai dari planning, organizing, actuating dan controlling, cara memberikan kursus pengantin bagi para calon pengantin baik itu materi pra nikah maupun pasca nikah. Kemudian metode yang digunakan yakni sosialisasi dan pelatihan. Kata Kunci : Manajemen Pelayanan Publik

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Manajemen Dakwah
Divisions: Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi > Manajemen Dakwah
Depositing User: Users 516 not found.
Date Deposited: 04 Dec 2017 02:58
Last Modified: 04 Dec 2017 02:58
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/2522

Actions (login required)

View Item View Item