PENGEMBANGAN PRODUK KOPI BUBUK CAP SEMUT DALAM MENINGKATKAN PENJUALAN DITINJAU DARI PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (Studi Pada Kelompok Wanita Tani Melati Desa Tribudisyukur Kecamatan Kebun Tebu Kabupaten Lampung Barat)

Rahmah, miftahur (2017) PENGEMBANGAN PRODUK KOPI BUBUK CAP SEMUT DALAM MENINGKATKAN PENJUALAN DITINJAU DARI PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (Studi Pada Kelompok Wanita Tani Melati Desa Tribudisyukur Kecamatan Kebun Tebu Kabupaten Lampung Barat). Undergraduate thesis, IAIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of Skripsi_lengkap.pdf]
Preview
PDF
Download (1MB) | Preview

Abstract

Persaingan dalam dunia bisnis yang semakin ketat membuat perusahaan berusaha mencari strategi yang tepat dalam memasarkan produknya. Ciri dan daya tarik pada suatu produk dapat dilakukan dengan pengembangan produk, dengan pengembangan produk yang baik dapat menambah citra atau nilai positif dari suatu produk. Secara keseluruhan, untuk menciptakan produk baru yang berhasil, perusahaan harus memahami pelanggannya, pasar, dan pesaing serta mengembangkan produk yang memberikan nilai yang unggul bagi pelanggan. Perusahaan harus mempunyai rencana produk baru yang kuat dan mempersiapkan proses pengembangan produk baru yang sistematis untuk menemukan dan mengembangkan produk-produk baru. Perusahaan harus mampu memberikan yang terbaik yang sesuai dengan kebutuhan dan keinginan konsumen. Untuk itu perusahaan harus mampu mengembangkan produk yang lebih baik dari pesaing tentang produk perusahaan kepada konsumen. Seperti bisnis yang terdapat dikelompok wanita tani melati yaitu produk kopi bubuk cap semut. Berdasarkan hal tersebut maka permasalahan pokok dalam skripsi ini membahas tentang bagaimana pengembangan produk kopi bubuk cap semut pada KWT Melati dalam meningkatkan penjualan, dan bagaimana pengembangan produk kopi bubuk cap semut yang dilakukan oleh kelompok wanita tani melati menurut perspektif ekonomi Islam. Tujuannya adalah Untuk mengetahui pengembangan produk bubuk kopi yang dilakukan oleh kelompok wanita tani melati dalam meningkatkan penjualan dan mengetahui bagaimana pengembangan produk kopi bubuk cap semut yang dilakukan oleh kelompok wanita tani melati menurut perspektif ekonomi Islam. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian lapangan dengan metode deskriptif kualitatif. Data dan informasi diperoleh dengan menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Populasi penelitian ini mencakup kopi bubuk cap semut dan konsumen kopi bubuk cap semut berjumlah 182 responden. Teknik pengambilan sampel menggunakan rumus slovin dengan tingkat error 15%, sebanyak 36 responden. Hasil penelitian menunjukan bahwa pengembangan produk kopi bubuk cap semut pada kelompok wanita tani melati sudah berkembang dengain baik dilihat dari peningkatan hasil penjualan periode sebelumnya berdasarkan hasil data wawancara. Apabila ditinjau dari sisi ekonomi Islam bahwa Perkembangan produk kopi bubuk cap semut dapat dikatakan sudah baik dan sesuai dengan kaidah ekonomi islam. Hal tersebut dilakukan dengan produk yang halal, bermutu dan berkualitas, bermanfaat bagi masyarakat dan tidak ada unsur gharar artinya barang yang dijual belikan dan di kembangkan itu jelas.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Ekonomi Islam
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Islam
Depositing User: ADMINLIB PERPUSTAKAAN
Date Deposited: 06 Mar 2017 08:02
Last Modified: 06 Mar 2017 08:02
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/252

Actions (login required)

View Item View Item