EKSISTENSI GUNUNG DAN LAUT PADAAYAT-AYAT GEOLOGI MENURUT PENAFSIRAN M. QURAISH SHIHAB ( KAJIAN TAFSIR TEMATIK TAFSIR ALMISBAH)

Moh, Zainul Muttaqien (2023) EKSISTENSI GUNUNG DAN LAUT PADAAYAT-AYAT GEOLOGI MENURUT PENAFSIRAN M. QURAISH SHIHAB ( KAJIAN TAFSIR TEMATIK TAFSIR ALMISBAH). Masters thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of TESIS_PERPUS.pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of TESIS_FULL_merged.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini membahas bagaimana Al-Qur’an berbicara tentang fenomena alam, salah satunya tentang fenomena gunung dan laut yang begitu penting untuk dibahas, dan juga bagaimana ilmu kebumian atau eart science kini telah selangkah lebih maju dalam mengungkapkan sekelumitmisteri tentang bumi yang masih tersembunyi, Para ahli geologi telah menaruh perhatian khusus penelitian dan pengkajiannya terhadap gunung. Di mana Al-Qur′an secara detail telah menerangkan fungsi dan peran gunung sebagai paku, pasak, stabilisator untuk menjaga keseimbangan bumi. Warna-warni batunya, susunan dan strukturnya, kekuatannya, pemancangannya, sehingga memperkuat kulit bumi. Metode dalam penelitian ini adalah bersifat Library research (Kepustakaan), untuk itu penulis melakukan langkah-langkah identifikasi, pengumpulan, pengolahan dan pengkajian terhadap data-data yang telah ada terkait masalah ayat kauniyyah ,baik berupa data primer maupun data sekunder secara akurat dan faktual. Sedangkan data sekunder dimaksud adalah literatur�literatur lain berupa buku-buku, hasil penelitian ,dan artikel-artikel lain yang tentunya berkaitan dengan masalah eksintensi Gunung dan Laut dalam al- Quran dan tafsir Al Misbah. Penelitian ini menghasilkan beberapa kesimpulan, Pertama M Quraish Shihab dalam Tafsir al-Misbah menunjukkan bahwa metode penafsiran bi al-ra'yi dan bil ma’s|u>r ditambah dengan penilitian-penilitian ilmiah diterapkan dalam penafsiran ini. dalam menafsirkan ayat-ayat sains, seorang M Quraish Shihab berupaya mempertimbangkan untuk menggabungkan pengetahuan agama dan artefak klasik dengan kemajuan ilmiah kontemporer, Kedua M Quraish Shihab menjelasakan secara mendalam serta mendetail eksistensi, fungsi, perannya iv gunung dan laut dalam al-Quran yang sangat bermanfaat bagi kehidupan manusia di dunia. gunung berfungsi sebagai stabilisator bumi, paku, dan pasak, membuat pekerjaan mereka dalam menjaga keseimbangan, Fenomena Laut dalam al-Quran yaitu pertemuan dua lautan dan lautan yang terpanaskan merupakan sebuah bukti kemamaha kuasan Allah SWT, Ketiga Penafsiran M Qurasih Shihab terhadap gunung dan laut dalam ayat-ayat geologi memiliki relevansi dengan penemuan ilmiah masa kini, gunung tidak statis akan tetapi bergerak, sesuai dengan hasil penilitian awal abad 20 tentang pergerakan benua yang pada dahulu silam benua itu bersatu,Penafsiran M Quarsih Shihab laut yang terpanaskan relevansinya dengan penemuan ilmiah masa kini ditemukannya gunung api dasar laut. Kata Kunci : Tafsir al-Misbah, Gunung, Laut

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: Ilmu Al-Quran dan Tafsir
Divisions: Pasca Sarjana > S2 Ilmu Al-Quran dan Tafsir
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 14 Apr 2023 09:08
Last Modified: 14 Apr 2023 09:08
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/25139

Actions (login required)

View Item View Item