PENGARUH MUSIK TERHADAP KECERDASAN EMOSIONAL DI SMA YP UNILA BANDAR LAMPUNG TAHUN AJARAN 2017/2018

Sandi, M. Fernanda (2017) PENGARUH MUSIK TERHADAP KECERDASAN EMOSIONAL DI SMA YP UNILA BANDAR LAMPUNG TAHUN AJARAN 2017/2018. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of SKRIPSI_NANDA_FERNANDA.pdf]
Preview
PDF
Download (2MB) | Preview

Abstract

Kecerdasan emosional adalah gabungan dari semua emosi dan kemampuan sosial untuk menghadapi seluruh aspek kehidupan manusia. Kemampuan emosional meliputi, sadar akan kemampuan emosi diri sendiri, kemampuan mengelola emosi, kemampuan memotivasi diri, kemampuan menyatakan perasaan orang lain, dan pandai menjalin hubungan dengan orang lain. Namun kenyataan yang terjadi di SMA YP Unila Bandar Lampung terdapat peserta didik kelas XI yang belum memahami tentang kecerdasan emosional, Sehingga perlu upaya untuk meningkatkan kecerdasan emosional dengan menggunakan musik Tujuan penelitian ini untuk mengetahui gambaran kecerdasan emosional peserta didik dan untuk mengetahui pengaruh musik dalam kecerdasan emosional peserta didik kelas XI SMA YP Unila Bandar Lampung. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian quasi eksperimen dengan desain Non-equivalent Control Group Design. Sampel dalam penelitian berjumlah 20 peserta didik kelas XI SMA YP Unila Bandar Lampung tahun pelajaran 2017/2018 yang memiliki kecerdasan emosional dalam kategori rendah. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan angket kecerdasan emosional, wawancara, observasi dan dokumentasi sebagai teknik pendukung. Hasil perhitungan rata-rata skor kecerdasan emosional kelompok eksperimen sebelum diberikan treatmen musik adalah 38.40 dan setelah mengikuti layanan konseling kelompok menggunakan musik meningkat menjadi 75,20. Sedangkan pada kelompok kontrol adalah 37,5 dan pada saat posttest mendapatkan peningkatan menjadi 61,7. Dari hasil uji-T dengan df = 18 dengan taraf signifikan 0,05 sebesar 2,10093, dan diperoleh thitung = 4,502. Karena thitung > ttabel, maka 14,727 > 2,10093 Maka Ho ditolak dan Ha diterima yang berbunyi musik dapat meningkatkan kecerdasan emosional peserta didik kelas XI di SMA YP Unila Bandar Lampung tahun pelajaran 2017/2018 diterima. Kata Kunci : Konseling Kelompok, Musik, Kecerdasan emosional.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Bimbingan Konseling
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Bimbingan Konseling
Depositing User: ADMINLIB PERPUSTAKAAN
Date Deposited: 29 Nov 2017 03:03
Last Modified: 29 Nov 2017 03:03
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/2497

Actions (login required)

View Item View Item