PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE 5E DENGAN BAGAN DIKOTOMI KONSEP TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF DAN AFEKTIF SISWA KELAS X SMA NEGERIO 16 BANDAR LAMPUNG

Ariska, Helen (2017) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE 5E DENGAN BAGAN DIKOTOMI KONSEP TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF DAN AFEKTIF SISWA KELAS X SMA NEGERIO 16 BANDAR LAMPUNG. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of SKRIPSI_HELEN_ARISKA.pdf]
Preview
PDF
Download (5MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE (5E) DENGAN BAGAN DIKOTOMI KONSEPTERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF DAN AFEKTIF SISWA KELAS X SMA NEGERI 16 BANDAR LAMPUNG Oleh: Helen Ariska Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruhpenerapan Model Pembelajaran Learning Cycle (5E) dengan bagan dikotomi konsep terhadap hasil belajar kognitif dan afektif Siswa kelas X SMA Negeri 16 Bandar Lampung. Penelitian ini menggunakan Quasy Eksperimen dengan metode kuntitatif. Rancangan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah rancangan Postest-Only design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri 16 Bandar Lampung. Teknik pengambilan sampel menggunakan cluster random sampling. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini terdiri dari tes dan angket afektif. Instrumen penelitian terdiri dari tes kognitif dan angket afektif. Uji hipotesis penelitian menggunakan uji t independent dengan uji syarat uji normalitas dan uji homogenitas. Berdasarkan hasil analisis data penelitian menunjukkan bahwa rata-rata postest kelas eksperimen 82,14 dan nilai rata-rata kelas kontrol 79,87. Hasil uji t indenpendent menunjukkan bahwa hasil belajar kognitif thitung 2,44 dan ttabel 1,997sedangkan hasil uji t independent hasil belajar afektif didapatkan hasil thitung 8,77 dan ttabel 1,997 artinya thitung ≥ ttabel dengan taraf siginifikan α = 0,05 maka dalam hal ini H0 ditolak dan H1 diterima. Artinya dalam penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh penerapan Model Pembelajaran Learning Cycle (5E) dengan bagan dikotomi konsep terhadap hasil belajar kognitif dan afektif Siswa kelas X SMA Negeri 16 Bandar Lampung. Kata Kunci: Afektif, kognitif, Model PembelajaranLearning Cycle (5E) dengan bagan dikotomi konsep,

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Biologi
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Biologi
Depositing User: PERPUSTAKAAN PUSAT UIN RIL
Date Deposited: 27 Nov 2017 06:27
Last Modified: 27 Nov 2017 06:27
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/2456

Actions (login required)

View Item View Item