EFEKTIVITAS LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TEKNIK ROLE PLAYING UNTUK MENINGKATKAN PERKEMBANGAN BAHASA PADA ANAK DI KELOMPOK BERMAINAN KUNTUM MELATI KEDATON BANDAR LAMPUNG TAHUN PELAJARAN 2017/2018

Anggraini, Meli (2017) EFEKTIVITAS LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TEKNIK ROLE PLAYING UNTUK MENINGKATKAN PERKEMBANGAN BAHASA PADA ANAK DI KELOMPOK BERMAINAN KUNTUM MELATI KEDATON BANDAR LAMPUNG TAHUN PELAJARAN 2017/2018. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of SKRIPSI_MELI_FIX.pdf]
Preview
PDF
Download (2MB) | Preview

Abstract

Kemampuan berbahasa adalah salah satu kemampuan yang sangat penting untuk dikembangkan sejak usia dini, dengan bahasa manusia dapat mengeluarkan ide-ide dan pendapatnya sehingga terjalin komunikasi dengan manusia lain.dengan demekian, maka sudah seharusnya peningkatan kemampuan berbahasa sudah diberikan sejak anak berusia dini. Hal ini agar kemampuan bahasa anak bisa dapat berkembang secara optimal. Untuk meningkatan bahasa anak yakni guru harus mampu memberikan pembelajaran kepada anak-anak secara baik dan tidak hanya menggunakan materi saja tetapi dengan pengguanaan metode yang menyenangkan yaitu layanan bimbingan kelompok dengan teknik role playing. Melalui bermain peran secara langsung anak terlibat dalam kegiatan tersebut dan anak berpura-pura berperilaku sesuai dengan karakteristik tokoh yang diperankanya sehingga anak mendapatkan wawasan baru kosa kata yang bertambah. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui gambaran mengenai perkembangan bahasa pada anak dan untuk mengetahui efektivitas layanan bimbingan kelompok dengan teknik role playing untuk meningkatkan perkembangan bahasa pada anak di Kelompok Bermain Kuntum Melati Kedaton Bandar Lampung. Jenis penelitian yang digunakan adalah desain quasi eksprimen yang dipakai Non-equivalent Control Grup Design. Populasi penelitian ini adalah peserta didik kelas bulan dan kelas matahari Di Kelompok Bermain Kuntum Melati Kedaton Bandar Lampung yang memiliki perkembangan bahasa rendah. Terdapat 16 peserta didik yang kategori perkembangan bahasa rendah. Mengklarifikasi data yang bersifat kuantitatif.teknik pengumpulan data dengan Ratting scale (ceklist), lembar observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data dengan menggunakan spss 17 dan hipotesis t. Berdasarkan hasil penelitian pengujian diperoleh thitung 10.877 pada derajat kebebasan (df) 14 kemudian dibandingkan dengan ttabel .005 = 2.145, maka thitung ≥ ttabel (10.877 ≥ 2.145) atau nilai sign.(2- tailed) lebih kecil dari nilai kritik .005 (.000 ≤ .005). Selain itu didapatkan nilai rata-rata kelompok eksperimen lebih besar dari pada kelompok kontrol (63.50 ≥ 33.50). Jika dilihat dari nilai rata-rata, maka peningkatan perkembangan bahasa anak pada kelompok eksperimen lebih tinggi dibanding dengan kelompok Kontrol. Dapat disimpulkan bahwa layanan bimbingan kelompok dengan teknik role playing meningkatkan secara signifikan perkembangan bahasa pada anak

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Bimbingan Konseling
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Bimbingan Konseling
Depositing User: ADMINLIB PERPUSTAKAAN
Date Deposited: 24 Nov 2017 02:16
Last Modified: 24 Nov 2017 02:16
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/2432

Actions (login required)

View Item View Item