Harahap, Sinar Juliyana Putri (2017) PENGARUH KONSELING KELOMPOK DENGAN TEKNIK ASSERTIVE TRAINING TERHADAP PERCAYA DIRI PESERTA DIDIK KELAS VIII B DI MTs MUHAMMADIYAH SUKARAME BANDAR LAMPUNG TAHUN AJARAN 2017/2018. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.
Preview |
PDF
Download (13kB) | Preview |
Preview |
PDF
Download (80kB) | Preview |
Preview |
PDF
Download (144kB) | Preview |
Preview |
PDF
Download (20kB) | Preview |
Preview |
PDF
Download (21kB) | Preview |
Preview |
PDF
Download (98kB) | Preview |
Preview |
PDF
Download (50kB) | Preview |
Preview |
PDF
Download (15kB) | Preview |
Preview |
PDF
Download (188kB) | Preview |
Preview |
PDF
Download (310kB) | Preview |
Preview |
PDF
Download (206kB) | Preview |
Preview |
PDF
Download (204kB) | Preview |
Preview |
PDF
Download (245kB) | Preview |
Preview |
PDF
Download (56kB) | Preview |
Abstract
Kepercayaan diri akan muncul dengan keyakinan akan berhasil, apabila gagal seseorang tidak akan merasa putus asa, dalam belajar mengajar kepercayaan diri sangat penting untuk peserta didik, karna cara mengaktualisasikan potensi yang dimiliki, dan didalam kelas akan terjadinya interaksi dimana siswa dituntut untuk memiliki kepercayaan diri dalam beberapa mata pelajaran. faktor yang mempengaruhi tidak percaya diri, faktor internal dan faktor external. Faktor internl berasal dari diri individu, selalu berandai-andai, terlalu percaya perkataan orang, kondisi fisik dll, faktor external seperti pola asuh, teman sebaya, sekolah dll. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui apakah konseling kelompok dengan teknik assertive training brpengruh terhadap meningkatkan kepercayaan diri peserta didik kelas VIII B MTs Muhammadiyah Sukarame Bandar Lampung tahun ajaran 2017/2018. Desain eksperimen yang digunakan adalah one group design pretest-postest, karna penelitian ini tanpa menggunakan kelas kontrol dan desain ini terdapat pretest sebelum diberikan perlakuan. Sampel penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII B MTs Muhammadiyah Sukarame Bandar Lampung yang mendaptkan 10 sample rendah percaya diri. Berdasarkan hasil penelitian, diketahui bahwa terdapat peningkatan kepercayaan diri dilihat dari mean pretests sebelum diberikan perlakuan 42,7 dan mean posttest 72,9 peserta didik setelah melaksanakan layanan konseling kelompok dengan teknik assertive training dengan diperoleh (df) 9 kemudian dibandingkan dengan ttabel 0,05 = 2,262, maka thitung ≥ ttabel (15,108 ≥ 2,101) atau nilai sign.(2-tailed) lebih kecil dari nilai kritik 0.00 ≤ 0,05, ini menunjukkan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima. Jadi dapat disimpulkan bahwa layanan konseling kelompok dengan teknik assertive training dapat meningkatkan kepercayaan diri pada peserta didik kelas VIII B MTs Muhammadiyah Sukarame Bandar Lampung Tahun Ajaran 2017/2018.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Bimbingan Konseling |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Bimbingan Konseling |
Depositing User: | Users 516 not found. |
Date Deposited: | 23 Nov 2017 06:30 |
Last Modified: | 23 Nov 2017 06:30 |
URI: | http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/2412 |
Actions (login required)
View Item |