IMPLEMENTASI GAYA KEPEMIMPINAN SITUASIONAL KEPALA MADRASAH TsANAWIYAH MATHLA’UL ANWAR PANJANG BANDAR LAMPUNG

Widyasari, Dian (2017) IMPLEMENTASI GAYA KEPEMIMPINAN SITUASIONAL KEPALA MADRASAH TsANAWIYAH MATHLA’UL ANWAR PANJANG BANDAR LAMPUNG. Masters thesis, UIN Raden Intan Lampung.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kepala madrasah sebagai pemimpin dan juga supervisor pendidikan pada unit kerja madrasah pada dasarnya berperan membantu dan membimbing guru dalam arti yang sangat luas. Untuk mencapai tujuan pendidikan yang akan dicapai, proses mempengaruhi, mendorong, membimbing dan menggerakkan para guru dan karyawan dilakukan oleh kepala madrasah. Pola kepemimpinan kepala madrasah, gaya kepemimpinan dan manajemen madrasah yang baik dan transparan merupakan tolak ukur madrasah yang baik. Hal itu yang kemudian memotivasi penulis dalam mengkaji Implementasi Gaya Kepemimpinan Situasional Kepala Madrasah Tsanawiyah Mathla’ul Anwar Bandar Lampung. Dalam penelitian ini penulis merumuskan: bagaimanakah implementasi Gaya Kepemimpinan Situasional Kepala Madrasah? Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui implementasi Gaya Kepemimpinan Situasional Kepala Madrasah yang termasuk didalamnya adalah pengimplementasian gaya kepemimpinan situasional, bagaimana kepala madrasah menjelaskan, menjajakan, mendelegasikan maupun mengikutsertakan steakholder madrasah dalam bebrapa tugas dan tanggung jawab madrasah. Sedangkan kegunaan penelitian ini diharapkan berguna bagi peningkatan ilmu pembelajaran khususnya terkait kepemimpinan dan gaya mempengaruhi steakholder dalam menstimulasi pencapaian tujuan bersama sebuah madrasah, sekaligus sebagai bahan masukan untuk memperkaya khazanah ilmu dalam dunia pendidikan, serta sebagai pelengkap dalam menyelesaikan Program Pascasarjana Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung. Untuk menjawab pertanyaan penelitian tersebut, penulis melakukan penelitian kualitatif. Pengumpulan data dengan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi. Setelah data terkumpul dan dianalisis secara kualitatif, maka data diolah dengan cara reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Dari hasil analisis data yang diperoleh adalah bahwa: 1) Kepala madrasah memahami betul bagaimana memposisikan diri menjadi pemimpin madrasah yang baik, terkait tugas dan kewajiban kepada guru. Artiya secara garis besar kemampuan kepala madrasah memberitahukan (telling) informasi terkait tugas dan kewajiban sangat mempengaruhi steakholder madrasah dilakukan dengan cara-cara yang sistematis dan lebih menjurus pada gaya kepemimpinan situasional. 2) Kepala madrasah menjajakan tugas dan tanggung jawab kepada guru sehingga mampu memposisikan guru-guru tertentu sesuai dengan keahlian di bidangnya. 3) Kepala madrasah mengikutsertakan guru terkait pengambilan keputusan. 4) Kepala madrasah mendelegasikan suatu tanggung jawab pada orang perorangan sehingga mampu menstimulus kemampuan pengambilan keputusan dengan bijak oleh guru serta segala bentuk tugas, tanggung jawab, pengambilan keputusan, juga wewenang terkait program maupun agenda madrasah.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: Manajemen Pendidikan Islam
Divisions: Pasca Sarjana > S2 Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: ADMINLIB PERPUSTAKAAN
Date Deposited: 23 Nov 2017 06:13
Last Modified: 23 Nov 2017 06:13
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/2411

Actions (login required)

View Item View Item