IMPLEMENTASI METODE TARTIL DALAM MENGUATKAN DAYA INGAT HAFALAN AL-QUR’AN PADA ANAK USIA DINI DI TK AZ-ZAHRA BARU RANJI KECAMATAN MERBAU MATARAM KABUPATEN LAMPUNG SELATAN

FATMAH, Kamsin (2023) IMPLEMENTASI METODE TARTIL DALAM MENGUATKAN DAYA INGAT HAFALAN AL-QUR’AN PADA ANAK USIA DINI DI TK AZ-ZAHRA BARU RANJI KECAMATAN MERBAU MATARAM KABUPATEN LAMPUNG SELATAN. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of PERPUS PUSAT BAB 1 DAN 2.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of SKRIPSI CETAK FATIMAH.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Penerapan Metode tartil adalah suatu metode pembelajaran Al�Qur’an yang dapat membantu kemampuan anak dalam menghafal Al�Qur’an dan memahami huruf-huruf hijaiyah karena metode ini anak diajarkan dengan secara perlahan-lahan dan guru memperkenalkannya secara bertahap. Berdasarkan data perkembangan anak kelas B1 TK Az-Zahra Baru Ranji bahwa perkembangan anak dalam memahami dan menghafal Al-Qur’an masih belum berkembang. Rumusan masalah pada penelitian ini Penelitian adalah “bagaimana implementasi metode tartil dalam menguatkan daya ingat hafalan Al-Qur’an pada anak usia dini 5-6 tahun di TK Az-Zahra Desa Baru Ranji?’. Tujuan penelitian ini adalah pada cara implementasi metode tartil dalam menguatkan daya ingat hafalan Al-Qur’an pada anak udia dini 5-6 tahun di TK Az-Zahra Desa Baru Ranji. Jenis penelitian deskriptif kualitatif dengan penelitian yaitu kelas B1. Alat pengumpulan data yang penulis gunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, serta dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian yang dapat penulis simpulkan bahwa guru belum menerapkan seluruhnya langkah-langkah dalam mengajarkan Al-Qur’an menggunakan metode tartil yaitu yang diawali dengan meniapkan alat praga, menyampaikan materi, menyeting tempat duduk siswa sebelum mulai belajar, memberikan motivasi kepada siswa, memberikan kesempatan kepada siswa untuk melafadzkan ayat yang sudah dicontohkan, guru mengulas kembali materi yang sudah disampaikan. Dari data diatas dapat penulis simpulkan bahwa di kelas B1 TK Az-Zahra Baru Ranji kemampuan daya ingat anak yang Belum Berkembang terdapat 5 anak atau 36%, anak yang Mulai Berkembang terdapat 5 anak 36%, Anak yang Berkembang Sesuai Harapan 2 anak 14%, anak yang Bekembang Sangat Baik 2 anak 14%. Kata Kunci: Metode Tartil, Daya Ingat, Menghafal Al-Qur’an iii ABSTRACT The application of the tartil method is a Al-Qur'an learning method that can help children's ability to memorize the Qur'an and understand hijaiyah letters because this method children are taught slowly and the teacher introduces it gradually. Based on data on the development of class B1 TK Az-Zahra Baru Ranji children's development in understanding and memorizing the Qur'an is still not developed. The formulation of the problem in this research is "how is the implementation of the tartil method in strengthening the memory of memorizing the Qur'an in early childhood 5-6 years at Az-Zahra Kindergarten in Baru Ranji Village?". The aim of this research is to examine how to implement the tartil method in strengthening the memorization of memorizing the Qur'an in young children aged 5-6 years at Az-Zahra Kindergarten in Baru Ranji Village. This type of qualitative descriptive research is class B1 research. Data collection tools that the authors use in this study are observation, interviews, and documentation. Based on the results of the research, the writer can conclude that the teacher has not implemented all the steps in teaching the Qur'an using the tartil method, namely starting with preparing praga tools, delivering material, setting student seats before starting to study, providing motivation to students, giving opportunity for students to recite the verses that have been exemplified, the teacher reviews the material that has been delivered. From the data above, the author can conclude that in class B1 TK Az-Zahra Baru Ranji, the memory abilities of children who have not yet developed are 5 children or 36%, children who are starting to develop are 5 children 36%, children who develop according to expectations 2 children 14%, very well developed children 2 children 14%. Keywords: Tartil Method, Memory, Memorizing Al-Qur'an

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 13 Apr 2023 03:57
Last Modified: 13 Apr 2023 03:57
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/24088

Actions (login required)

View Item View Item