PENGARUH KUALITAS PELAYANAN, PROMOSI, DAN PENGETAHUAN TERHADAP KEPUTUSAN NASABAH MENABUNG PRODUK AL-WADI’AH DI BANK SYARIAH (Studi Pada Nasabah di BSI KCP Kedaton Bandar Lampung)

Dwi, Susanti (2023) PENGARUH KUALITAS PELAYANAN, PROMOSI, DAN PENGETAHUAN TERHADAP KEPUTUSAN NASABAH MENABUNG PRODUK AL-WADI’AH DI BANK SYARIAH (Studi Pada Nasabah di BSI KCP Kedaton Bandar Lampung). Diploma thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of SKRIPSI PERPUSTAKAAN.pdf] PDF
Download (4MB)
[thumbnail of SKRIPSI LENGKAP.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

ABSTRAK Masalah pada penelitian ini adalah apakah pengaruh secara parsial dan simultan dari kualitas pelayanan,promosi dan pengetahuan terhadap keputusan nasabah menabung produk Al-Wadi’ah dibank syariah. Teori yang digunakan dalam penelitian ini yaitu Teory Of Planed Behavior (TPB) fokus teori TPB mengarah pada pada penganalisa kondisi tertentu ketika control diri atas tindakan tidak dimiliki oleh banyak individu. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif, dengan sumber data yaitu data primer. Jumlah sampel pada penelitian ini sebanyak 100 responden yaitu nasabah BSI yang menggunakan produk tabungan Wadi’ah dan tempat penelitian dilakukan pada BSI KCP Kedaton Bandar Lampung. Hasil penelitian pada uji t untuk variabel kualitas pelayanan memperoleh nilai t hitung sebesar 2.919 lebih besar dari nilai t Tabel yaitu 1.988. dan untuk nilai signifikasi memperoleh nilai 0.04 < 0.05, variabel promosi memperoleh nilai t hitung sebesar 1.383 lebih kecil dari nilai T tabel yaitu sebesar 1.988, dan untuk signifikansi memperoleh nilai 0.170 > 0.05, Variabel Pengetahuan memperoleh nilai t hitung sebesar 0.560 lebih kecil dari nila t tabel yaitu sebesar 1.988, dan untuk signifikansi memperoleh nilai 0.577 > 0.05. Berdasarkan tabel ANOVA diatas dapat dilihat bahwa nilai F hitung sebesar 4.617 dengan nilai F tabel sebesar 2.699 jadi F hitung > F tabel ( 4.617 > 2.699) dan dengan ini signifikansi sebesar 0.05 > 0.05. Dapat disimpulkan bahwa variabel Kualitas Pelayanan memiliki pengaruh secara persial terhadap keputusan nasabah menabung di Bank Syariah, Sedangkan variabel Promosi dan Pengetahuan tidak memiliki pengaruh secara Parsial. Dan Variabel Kualitas Pelayanan Promosi dan Pengetahuan tidak memiliki pengaruh secara simultan terhadap keputusan nasabah menabung produk Al-Wadi’ah di Bank Syariah. Kata Kunci : Kualitas Pelayanan,Promosi dan Pengetahuan ABSTRACK The problem in this study is the partial and simultaneous influence of service quality, promotion, and knowledge on customers' decisions to save Al-Wadi'ah products in Islamic banks. The theory used in this study is the Theory of Planned Behavior (TPB). The problem in this study is the partial and simultaneous influence of service quality, promotion, and knowledge on customers' decisions to save Al-Wadi'ah products in Islamic banks. This study uses a type of quantitative research, with data sources namely primary data. The number of samples in this study was 100 respondents, namely BSI customers who used Wadi'ah savings products, and where the research was conducted at BSI KCP Kedaton Bandar Lampung. The results of the research on the t-test for the service quality variable obtained a calculated t value of 2,919 which was greater than the table t value of 1,988. and for the significance value obtained a value of 0.04 <0.05, the promotion variable obtained a calculated t value of 1.383 which was smaller than the T table value of 1.988, and for significance obtained a value of 0.170 > 0.05, the Knowledge Variable obtained a calculated t value of 0.560 smaller than t value table that is equal to 1.988, and for significance obtain a value of 0.577> 0.05. Based on the ANOVA table above, it can be seen that the calculated F value is 4,617 with an F table value of 2,699 so F count > F table (4,617 > 2,699), and with this, a significance of 0.05 > 0.05. It can be concluded that the variable Service Quality has a partial influence on customers' decisions to save at Islamic banks, while the Promotion and Knowledge variables have no partial effect. And the Variable Quality of Service Promotion and Knowledge does not have a simultaneous influence on the customer's decision to save Al-Wadi'ah products at Islamic Banks. Keywords: Service Quality, Promotion, and Knowledge

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Perbankan Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 12 Apr 2023 04:32
Last Modified: 12 Apr 2023 04:32
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/23996

Actions (login required)

View Item View Item