PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) DALAM MEMBENTUK KARAKTER ISLAMI (AKHLAK MAHMUDAH) DI SMA NEGERI 9 BANDAR LAMPUNG

Susiyanti, S (2017) PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) DALAM MEMBENTUK KARAKTER ISLAMI (AKHLAK MAHMUDAH) DI SMA NEGERI 9 BANDAR LAMPUNG. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of SKRIPSI_SUSIYANTI.pdf]
Preview
PDF
Download (4MB) | Preview

Abstract

Pendidikan Agama Islam bukan hanya sebagai sarana transformasi pengetahuan dalam aspek keagamaan (kognitif), tetapi pendidikan agama Islam (PAI) juga sebagai sarana internalisasi norma dan nilai moral untuk membentuk sikap (afektif) serta berperan sebagai pengendali prilaku (psikomotorik) sehingga tercipta kepribadian manusia yang utuh. Maka pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) merupakan pilar utama dalam membentuk karakter Islami peserta didik. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif, dengan mengambil latar di SMA Negeri 9 Bandar Lampung. Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah analisis model interaktif Miles dan Huberman yang terdiri dari reduksi data, display data (penyajian data), dan verifikasi (menarik kesimpulan). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kegiatan pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) dalam membentuk karakter Islami di SMA Negeri 9 Bandar Lampung dengan tiga tahap yaitu perencanaan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran dan penilaian (evaluasi) hasil pembelajaran. Pada tahap perencanaan ditemukan belum semua guru PAI menyusun perencanaan pembelajaran dengan lengkap sesuai tuntutan kurikulum yang diterapkan. Pada tahap pelaksanaan ditemukan penggunaan berbagai macam metode, model, dan media pembelajaran yang sesuai dengan materi ajar, serta keharusan adanya peran guru secara maksimal untuk menciptakan pembelajaran yang efektif dan menyenangkan. Nilai-nilai karakter yang ditanamkan didalamnya antaralain: relegius, aktif, kritis, kreaktif, inovatif, produktif, mandiri, bertanggung jawab, disiplin, amanah, percaya diri, jujur, berani, kerja keras, bersemangat, rela berkorban, ikhlas, sabar, saling kerjasama, saling menghargai, dan peduli lingkungan. Pada tahap penilaian ditemukan bahwa penilaian yang dilakukan oleh ketiga guru PAI masih lebih menekankan aspek pengetahuan (kognitif) daripada sikap (afektif), sehingga penilaiannya belum dilakukan secara berimbang (proposional) antara aspek pengetahuan (kognitif), keterampilan (psikomotorik), dan sikap (afektif). Dengan demikian dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) untuk membentuk karakter mulia peserta didik memerlukan adanya perencanaan pembelajaran yang baik, pelaksanaan pembelajaran dengan berbagai metode, model dan media pembelajaran yang beraneka ragam serta peran guru yang maksimal, sedangkan evaluasi pembelajarannya mengharuskan mencakup aspek pengetahuan (kognitif), keterampilan (psikomotorik), dan sikap (afektif) secara proposional.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Agama islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama islam
Depositing User: Users 516 not found.
Date Deposited: 23 Nov 2017 01:28
Last Modified: 23 Nov 2017 01:28
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/2397

Actions (login required)

View Item View Item